Bedah Gitar: Bagian-Bagian Gitar

Bagian – Bagian Gitar | Setelah kita belajar piano pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan mempelajari komponen penyusun pada gitar. Dengan mengetahui bagian-bagian pada gitar, tentu akan memudahkan kita dalam merawat, menyetel, dan belajar gitar.

Selain itu, dengan mengetahui seluk beluk tentang gitar, tentu kita akan paham bagaimana memilih gitar yang baik ketika kita akan membelinya.

Disini penulis akan menjelaskan mengenai gitar akustik yang umumnya biasa kita gunakan. Yuk langsung saja kita simak penjelasan dibawah ini.

Bagian – Bagian Gitar Akustik

Keterangan Bagian Bagian Gitar
caragitar.com

Dari keseluruhan tubuh pada gitar, ada beberapa komponen penting yang perlu kita pahami. Hal itu adalah fretboard/fingerboard gitar, tuner gitar, dan neck gitar. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai bagian-bagian yang ada pada gitar.

Headstock Gitar atau Kepala Gitar

Bagian Gitar - Headstock
rig-talk.com

Headstock atau kepala gitar ini adalah bagian gitar yang berada paling atas. Biasanya, kepala gitar ini dibuat dari bahan dasar kayu. Fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai penyangga untuk senar, mulai dari bridge, lanjut ke nut dan terakhir menuju tuner.

Pada bagian gitar ini juga, biasanya terpampang informasi mengenai gitar itu sendiri. Misalnya merek dari gitarnya, tipenya, kode gitar tersebut, tahun pembuatan, dan tanda tangan (biasanya pada signature series guitar).

Nut Gitar

Bagian Gitar - Nut
guitarplayer.com

Nut ini adalah kacang sebuah bantalan yang biasanya digunakan untuk menyangga ke-6 senar yang ada pada gitar dan membuat bunyi yang keluar menjadi nyaring.

Tuner Gitar

Bagian Gitar - Tuner
guitarnoise.com

Tuner ini adalah alat pemutar yang biasa digunakan untuk menyetem gitar. Sesuai dengan jumlah senar, tuner juga memiliki jumlah 6 buah. Biasanya, bagian ini terbuat dari metal.

Fret Gitar

Bagian Gitar - Fret
thoughtco.com

Fret ini merupakan besi yang melintang yang berada pada fretboard atau fingerboard. Biasanya, fret ini terbuat dari bahan logam. Fungsi dari bagian ini sangatlah penting. Hal ini karena  fret ini menjadi bagian penting untuk menentukan nada pada senar.

Fret ini juga yang menjadi pemisah antar masing-masing nada dan kunci pada gitar.

Neck atau Leher

Bagian Gitar - Leher
guitarbuild.co.uk

Bagian ini adalah tempat dimana tangan kiri kita memegang gitar. Leher yang berkualitas adalah leher yang bentuknya lurus sempurna. Jika bagian ini sudah mulai melengkung, sudah dapat dipastikan bahwa gitar tersebut sudah tidak bagus lagi.

Bagian ini biasanya menggunakan bahan kayu solid dengan kualitas tinggi.

Penghubung

Penghubung ini merupakan kayu solid yang menghubungkan antara leher gitar dan badan gitar.

Body atau Badan Gitar

Bagian Gitar - Body
taylorguitars.com

Body atau badan gitar ini merupakan bagian yang paling menonjol pada gitar. Bahkan sampai-sampai patokan dari badan yang bagus adalah badan yang seperti gitar spanyol.

Badan gitar ini mengambil hingga 80% bagian yang terdapat pada gitar. Bentuk pada bagian ini juga menjadi ikon tersendiri bagi para pemegang hak cipta gitar. Banyak variasi dari bentuk gitar ini dimana-mana. Kalian dapat memilih sesuai selera kalian.

Bridge

Bagian Gitar - Bridge
guitarfetish.com

Bridge pada gitar ini memiliki fungsi untuk mengaitkan senar gitar pada badan gitar. Pada bridge ini, terdapat bagian lain pada gitar yang bernama saddle. Bahan untuk membuat bagian ini biasanya adalah kayu dengan materi terbaik.

Soundboard

Bagian Gitar - Soundboard
ultimate-guitar-building.com

Soundboard merupakan kotak resonansi dengan bentuk tabung. Disini, suara hasil senar diresonansikan sehingga menjadi lebih nyaring dank keras.

Lubang Suara

Bagian Gitar - Lubang Suara
audiopromedia.co.id

Bagian ini merupakan bagian yang digunakan oleh soundboard. Getaran hasil senar pada gitar akan masuk melewati lubang ini sebelum diresonansikan oleh soundboard pada gitar.

Senar atau String

Bagian Gitar - Senar
cara.co.id

Bagian ini adalah salah satu bagian paling penting dan vital pada gitar. Dengan tidak adanya senar, gitar belumlah menjadi gitar seutuhnya. Jenis senar ini sangatlah bervariasi, karena setiap senar memiliki karakteristik suara yang berbeda-beda.

Jumlah senar pada gitar ada 6 buah, yakni senar 1, senar 2, 3, 4, 5, dan senar 6. Masing-masing senar ini mempunyai standar nada yang berbeda-beda, yakni E, A, D, G, B, E’ (jika disusun dari atas).

Saddle

Bagian Gitar - Saddle
musicradar.com

Saddle ini merupakan bantalan senar yang berada pada bridge. Fungsi dari saddle ini mirip dengan bagian nut, yakni agar suara senar gitar terdengar nyaring.

Fingerboard atau Fretboard

Bagian Gitar - Fretboard/Fingerboard
guitarcenter.com

Terakhir, dan tidak kalah pentingnya, yakni fingerboard/fretboard. Bagian ini adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Masing-masing fret tersebut menghasilkan nada yang berbeda-beda.

Itulah bagian-bagian yang menjadi penyusun pada gitar. Bagian gitar akustik maupun gitar elektrik sebenarnya tidak terlalu berbeda, hanya beberapa bagian saja yang berbeda namun masih memiliki fungsi yang sama.

Aksesori Tambahan pada Gitar

Setelah mengenal mengenai bagian komponen utama pada gitar, kali ini kita akan membahas aksesoris tambahan yang biasa digunakan untuk gitar. Berikut selengkapnya.

Pick

Aksesoris Gitar - Pick
zonagitar.net

Aksesori tambahan yang pertama adalah pick, alat ini merupakan alat bantu untuk memetik senar pada gitar. Salah satu manfaat dari menggunakan pick ini adalah kamu tidak perlu takut lagi tangan kamu lecet ketika memetik gitar.

Untuk penggunaannya, pick ini dijepit diantara ibu jari dan jari telunjuk. Biasanya pick ini terbuat dari bahan plastic. Namun, ada juga pick yang terbuat dari kayu, bahkan dari tulang.

Jika kalian membutuhkan pick ini, saat ini mudah sekali untuk didapatkan. Bahkan, kalian dapat membuat sendiri pick ini dari kartu yang berbahan cukup keras.

Slider

Aksesoris Gitar - Slider
id.aliexpress.com

Alat ini biasa digunakan oleh para gitaris yang suka memainkan music bergenre country ataupun blues. Cara penggunaannya kalian hanya perlu memasukkan slider ini pada jari kelingking atau jari manis lalu geser pada fretboard sembari gitar dimainkan.

Salah satu grup band yang sering menggunakan alat ini di Indonesia adalah grup band Slank. Slider ini biasa terbuat dari logam dan berbentuk silinder.

Screeching Halt

Aksesoris Gitar - Penutup Lubang
bukalapak.com

Kegunaan dari alat ini adalah untuk menutup lubang suara pada gitar akustik. Hal ini bertujuan agar tidak mengalami feedback pada suara. Dengan screeching halt, suara pada gitar dapat ditingkatkan volumenya.

Strap

Aksesoris Gitar - Strap Gitar
jakartanotebook.com

Strap ini merupakan alat bantu ketika kalian hendak memainkan gitar sambil berdiri. Strap ini merupakan sabuk yang nantinya disampirkan di bahu sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi memegang gitar ketika berdiri.

Hanger atau Stand Gitar

Aksesoris Gitar - Stand Gitar
geegoe.com

Seperti gantungan pada umumnya, alat ini berfungsi untuk menyimpan gitar ketika tidak digunakan. Dengan peletakkan yang benar, tentunya menghindari dari kerusakan-kerusakan yang tidak disengaja, seperti terjatuh akibat tidak diletakkan dengan benar.

Capo

Aksesoris Gitar - Capo
jakartanotebook.com

Alat ini adalah alat untuk menaikkan nada dasar dari gitar sebelumnya. Caranya dengan menjepitkan alat ini pada fret nada dasar yang diinginkan.

String Winder

Aksesoris Gitar - String Winder
amazon.com

Alat ini merupakan alat bantu untuk kamu yang ingin memutar tuner lebih cepat. Biasanya alat ini digunakan ketika akan mengganti senar yang sudah jelek atau putus.

Tuner

Aksesoris Gitar - Tuner
musisi.org

Alat ini digunakan untuk mempermudah dalam proses mengatur nada gitar atau stem gitar. Cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi dan menampilkan frekuensi pada senar yang dimainkan.

Berikut masing-masing frekuensi senar pada gitar.

Senar Notasi Saintis Notasi Umum Frekuensi
Pertama E4 e’ 329.63 Hz
Kedua B3 b 246.94 Hz
Ketiga G3 g 197.00 Hz
Keempat D3 d 147.83 Hz
Kelima A2 A 111 Hz
Keenam E2 E 82.41 Hz

Itulah bagian-bagian gitar dan aksesoris yang biasa digunakan pada gitar. Mudah-mudahan bermanfaat.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman kalian yang ingin tau juga tentang bagian gitar. Untuk artikel-artikel lainnya, kalian bisa kunjungi disini.

Leave a Reply