Mau Hidup Sehat? Ya dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan, Ini Caranya

Menjaga Kebersihan Lingkungan – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini, lingkungan menjadi salah satu masalah utama  bagi kita. Hal ini terjadi karena mulai berkurangnya perhatian kita untuk menjaga kebersihan lingkungan kita.

Maka, tak heran jika beberapa tahun belakangan ini beberapa bencana alam sering terjadi disekitar kita, seperti banjir dan longsor. Apalagi, jika mulai masuk musim penghujan.

Sebenarnya, kedua bencana yang penulis sebutkan diatas tersebut dapat kita cegah sebelumnya. Namun, karena kurangnya kesadaran dan pendidikan mengenai kebersihan lingkungan inilah yang menyebabkan mengapa kedua bencana tersebut dapat terjadi.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kalian tak hanya mampu mencegah kedua bencana yang penulis sebutkan diatas. Kalian juga berperan dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan enak untuk ditinggali.

Dikutip dari laman Bacaterus dan Kompasiana, berikut cara bagaimana kita menjaga kebersihan lingkungan dengan cara yang tepat.

Menjaga Kebersihan Lingkungan dengan Buang Sampah pada Tempatnya

sumber: pixabay.com

Cara pertama untuk menjaga kebersihan yang paling sederhana adalah denga tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini memang diperlukan kesadaran dari masing-masing individu itu sendiri. Salah satu untuk meningkatkan kesadaran akan hal ini, kalian bisa mengakalinya dengan menyediakan tempat sampah yang cukup di lingkungan sekitar kamu.

Salah satu alasan klasik kenapa seseorang membuang sampah sembarangan adalah karena tidak adanya tempat sampah yang tersedia di sekitarnya. Padahal, sampah tersebut bisa saja kita bawa terlebih dahulu hingga menemukan tempat sampah.

Cobalah biasakan tidak membuang sampah sembarangan mulai saat ini.

Memisahkan Jenis Sampah agar Mudah dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan

sumber: pixabay.com

Untuk memudahkan dalam menjaga kebersihan lingkungan kalian, kalian juga dapat memisahkan sampah berdasarkan jenisnya.

Pisahkanlah sampah yang ada dengan membagi antara organik dan non organik. Dengan memisahkan kedua jenis sampah, ini akan memudahkan kalian nantinya dalam mengolah sampah yang ada.

Mendaur Ulang Sampah

sumber: pixabay.com

Sebenarnya, ada banyak jenis sampah yang dapat didaur ulang dan berpotensi untuk menjadi sumber penghasilan. Biasanya jenis sampah yang dapat didaur ulang adalah jenis sampah non organik.

Jika kalian masih tidak percaya bahwa sampah dapat menjadi sumber pendapatan, pernahkah kalian mendengar tentang tas yang terbuat dari bungkus kopi dan permen? Hal ini adalah salah satu dari sekian banyak contoh proses daur ulang.

Kini, dari pendaur-ulangan sampah tersebut, itu menjadi salah satu sumber pendapatan bagi para pengrajin daur ulang tersebut.

sumber: hijaulestari.org

Pembuatan Pupuk Kompos

sumber: ramesia.com

Pupuk kompos ini dibuat dengan menggunakan sampah organik yang berada di sekitar. Sampah organik ini termasuk pada sayur dan buah-buahan yang sudah tidak bisa dikonsumsi lagi.

Daripada kalian diamkan dan membusuk hingga menyebabkan penyakit, lebih baik sampah jenis ini diolah dengan baik. Selain mencegah dari gangguan yang dihasilkan dari sampah organik, hasilnya dapat kita gunakan untuk pertanian dan perkebunan yang ada.

Menjaga Kebersihan Rumah

sumber: brainly.co.id

Sebelum menjaga kebersihan lingkungan sekitar kamu, tentu hal pertama yang kamu lakukan adalah denga menjaga kebersihan rumah kamu sendiri. Ajaklah seluruh keluarga untuk menjaga kebersihan rumah. Hal ini juga mendorong anak-anak untuk memiliki kebiasaan menjaga kebersihan ketika diluar nanti.

Dengan rumah yang bersih, sirkulasi udara di rumah akan menjadi segar dan tidak pengap. Dengan begitu, potensi terserangnya penyakit akan menjadi minimal. Ingat, lingkungan yang kotor bisa menjadi salah satu sarang dari penyakit.

Remukkan Wadah Plastik atau Karton

sumber: picdeer.com

Jika di rumahmu kebetulan terdapat sampah berbentuk botol plastic, sebaiknya remukkan terlebih dahulu sebelum kalian buang ke tempat sampah. Begitu pun dengan sampah yang terbuat dari karton, sebaiknya kalian sobek atau remas terlebih dahulu sebelum dibuang.

Dengan kalian menghancurkan kedua jenis sampah tersebut, maka sampah tersebut takkan bisa digunakan kembali oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, dengan meremukkan sampah tersebut juga mengurangi volume sampah yang tersimpan.

Kerja Bakti Bersama untuk Menjaga Lingkungan agar Tetap Bersih

malinau.go.id

Jika kamu merasa bahwa kebersihan lingkungan itu penting untuk dijaga bersama-sama, tak ada salahnya kamu mengajak para tetangga sekitar tempat tinggal untuk melakukan kerja bakti.

Meskipun biasanya sudah ada petugas kebersihan, tentunya tak semua hal bisa dikerjakan oleh petugas tersebut. Selain menjaga kebersihan, kerja bakti juga menjadi salah satu bentuk interaksi kita dengan orang-orang sekitar kita.

Tak hanya itu, kerja bakti juga menjadi salah satu usaha untuk membentuk kesadaran diri akan pentingnya menjaga kebersihan.

Penutupan Saluran Air

sumber: mapio.net

Jika didepan rumah kalian terdapat saluran pembuangan air, sebaiknya tutup saluran tersebut. Hal ini untuk mencegah masuknya sampah yang berasal dari jalanan.

Jika saluran pembuangan dalam keadaan terbuka, hal ini akan memudahkan sampah untuk memenuhi saluran pembuangan air tersebut. Akibatnya, saluran tersebut akan tersumbat dan bisa menjadi sumber penyakit.

Selain itu, saluran air yang tersumbat akan berbahaya ketika hujan datang. Air akan terakumulasi dan akhirnya terjadi banjir. Tak hanya itu, saluran yang terbuka juga akan berisiko menjadi sarang nyamuk yang bisa mengakibatkan demam berdarah.

Lakukan Penghijauan

sumber: pixabay.com

Untuk membuat tempat tinggal yang bersih dan nyaman, salah satu bentuk usaha agar hal tersebut terwujud adalah dengan melakukan penghijauan pada lingkungan sekitar.

Penghijauan ini dapat dilakukan dengan mengajak warga sekitar lingkungan untuk menanam beberapa tanaman yang mampu menghijaukan lingkungan sekitar. Dengan kalian melakukan penghijauan, maka kalian pun mengurangi pencemaran udara di lingkungan sekitar kita.

Jangan Ragu untuk Memungut Sampah yang Kalian Temukan

sumber: dakta.com

Ketika tengah berjalan-jalan di lingkungan sekitar, kalian mungkin menemukan botol plastik atau bungkus makanan bekas yang tak berada pada tempatnya. Jika kalian menemukan hal tersebut, cobalah untuk memulai memungut sampah yang kalian temukan.

Kebanyakan orang pasti berpikiran bahwa sampah tersebut bukan hasil dari perilaku dirinya. Sehingga, mereka merasa tidak bertanggung jawab akan sampah yang berada disana. Padahal, pada dasarnya siapa pun wajib bertanggung jawan untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

sumber: malahayati.ac.id

Untuk menjaga kebersihan lingkungan, tenaga saja tidak akan cukup. Kalian juga perlu pengetahuan untuk menjaga kebersihan tersebut. Pengetahuan tersebut kalian bagikan dengan tetangga-tetangga sekitar kalian.

Jika kalian pun merasa kurang paham akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, lakukanlah sosialisasi dengan mengundang ahli yang mampu menjelaskan mengenai seberapa pentingnya kebersihan bagi kesehatan.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Untuk memulai hal ini, tentunya akan terasa berat. Namun, yang perlu diingat bahwa hal ini bukan hanya kepentingan individu, tapi juga kepentingan bersama.

Menjaga kebersihan lingkungan tidak semata-mata hanya menghindarkan diri dari banjir dan longsor yang menyerang. Akan tetapi, menjaga kebersihan ini juga menjadi salah satu cara kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, bukankah agama mengajarkan kita bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman?

Jika kalian percaya akan ungkapan tersebut, maka mulailah dengan menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal terlebih dahulu. Setelah itu, kalian dapat mencoba untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan mengajak tetangga untuk bahu-membahu bekerja bersama membersihkan lingkungan sekitar.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui seputar hal-hal unik dan menarik, dan tentunya informatif, kalian juga dapat langsung kunjungi situbisa.com.

Leave a Reply