Kuasai 11+ Teknik Dasar Badminton Ini Buat Kamu Terlihat Pro

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Badminton atau Bulu Tangkis merupakan salah satu olahraga yang populer di dunia, terlebih di Benua Asia. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang menyumbangkan banyak atlet-atlet bulu tangkis kelas dunia.

Permainan bulu tangkis ini menggunakan raket dan shuttlecocks sebagai alat utama dalam permainannya dengan dimainkan oleh 2 orang dalam permainan tunggal dan 4 orang dalam permainan ganda.

Dalam pertandingan, olahraga ini memiliki 5 model permainan. Berikut 5 model permainan dalam bulu tangkis:

  • Tunggal Putra
  • Tunggal Putri
  • Ganda Putra
  • Ganda Putri
  • Ganda Campuran

Jika olahraga ini dimainkan semata untuk hobi dan hiburan, memang teknik dasar bulu tangkis tak perlu dipelajari. Namun, bagi kamu yang berniat untuk serius di bidang ini, kamu perlu memahami terlebih dahulu teknik dasar pada permainan badminton ini.

Berikut teknik dasar bulu tangkis atau badminton secara singkat yang wajib kamu ketahui agar kamu semakin terlihat pro didepan teman-teman kamu.

A. Teknik Memegang Raket (Grip)

Teknik Permainan Bulu Tangkis

gameonfamily.com

Hal dasar yang perlu kamu pelajari dalam bulu tangkis yang pertama adalah teknik dalam memegang raket. Meskipun terlihat sepele, pegangan kamu pada raket akan pengaruhi kualitas pukulan yang bakal kamu hasilkan.

Sebelum menguasai teknik yang lain, pastikan kamu menguasai dengan benar bagaimana cara memegang raket ini.

Dalam memegang raket, terdapat dua teknik yang perlu kamu kuasai, berikut lengkapnya.

1. Teknik Pegangan Forehand (Forehand Grip)

Pegangan Forehand

badmintonbay.com

Teknik pegangan atau grip yang umum digunakan baik oleh orang awam maupun atlet profesional bulu tangkis adalah teknik forehand grip. Teknik pegangan ini dapat dilakukan dengan kedua tangan, hal ini tergantung dari kebiasaan kamu.

Untuk detail langkah dalam memegang raket dengan teknik forehand grip ini, sebagai berikut.

  1. Genggam raket dengan posisi lengan bagian dalam mengarah keluar atau kedepan (menghadap lawan).
  2. Dalam menggenggam raket, peganglah seperti tengah berjabat tangan dengan orang lain.
  3. Jika pegangan benar, maka antara jari telunjuk dan ibu jari akan ada jarak yang membentuk huruf V.
  4. Posisikan badan berada didepan shuttlecock ketika hendak memukul dengan teknik forehand ini.
  5. Saat memukul, posisikan kaki menyilang dengan kaki kiri berada didepan kaki kanan.
  6. Miiringkan badan sejajar dengan arah kaki.
  7. Pukul shuttlecock sambil posisi bahu diayun ke depan.
  8. Posisi gerakan tangan terus ke bawah.

Saat menggunakan teknik ini, para pemain akan mudah dalam melakukan pukulan pada shuttlecock, terlebih pada posisi dimana raket berada. Selain itu, ketika menggunakan teknik ini, kamu tidak perlu memutar pegangan raket ketika hendak melakukan pukulan forehand.

Namun, teknik ini juga memiliki kelemahan. Pemain akan merasa sulit dalam melakukan pengembalian shuttlecocks yang posisinya tepat berada di depan net.

2. Teknik Pegangan Backhand (Backhand Grip)

Pegangan Backhand

badmintonbay.com

Untuk itulah, perlu adanya keseimbangan dalam menggunakan teknik forehand dengan backhand yang akan kita jelaskan saat ini.

Untuk cara memegang, sebenarnya kedua teknik ini tidak berbeda jauh. Hanya saja ada perbedaan posisi pada jari telunjuk dan ibu jari yang lebih dekat.

Keuntungan pemain yang menggunakan teknik backhand grip ini adalah pukulan yang dihasilkan dapat diarahkan pada tempat yang tidak diduga oleh lawan. Selain itu, jika teknik ini dilakukan dengan benar, maka pukulan akan melesat dengan keras dan cepat.

Teknik backhand juga biasa digunakan untuk mengembalikan shuttlecock yang berada di dekat net.

B. Teknik Pukulan Bulu Tangkis

Teknik Pukulan Badminton

blog.playo.co

Teknik dasar selanjutnya yang perlu kamu kuasai adalah teknik pukulan pada permainan badminton. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang wajib diketahui dan dikuasai. Hal ini karena teknik pukulan sangat mempengaruhi strategi yang akan dilakukan dalam pertandingan.

Jika lawan merupakan tipe yang agresif / menyerang, maka kita lawan dengan permainan netting dan lob-lob panjang. Jika lawan merupakan tipe yang ulet dan defensif, maka bisa kita lawan dengan tempo yang cepat. Masih banyak lagi strategi yang dapat dilakukan, tergantung dari tipe lawan yang kita temui.

Oleh karena itu, teknik pukulan menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Berikut 6 teknik pukulan pada permainan bulu tangkis yang wajib kamu tahu.

1. Teknik Servis

Teknik Serve Badminton

http://walpaperhd99.blogspot.com

Teknik pukulan pertama yang perlu kamu pelajari dalam permainan badminton adalah teknik servis. Servis merupakan pukulan pertama menandakan dimulainya kembali sebuah permainan setelah ada pihak yang mendapatkan poin.

Pada teknik servis, shuttlecocks diarahkan ke kiri, kanan, depan, belakang pemain lawan. Usahakan bahwa arah pukulan menjadi arah yang tidak bisa ditebak dan sulit dibalas.

Terdapat 3 macam teknik servis yang ada, yaitu:

a. Forehand Pendek atau Rendah (Short Service)

Teknik servis forehand ini biasa digunakan dalam pertandingan bulu tangkis tunggal. Dalam teknik ini, kita mengandalkan jentikan pergelangan tangan ketika memukul shuttlecocks. Hal ini dilakukan agar jarak yang dihasilkan dari pukulan dekat dengan garis net, sehingga pemain lawan sulit untuk membalas pukulan tersebut.

b. Forehand Tinggi (Long Service)

Tidak terlalu berbeda dengan teknik pertama, yang membedakan pada teknik kedua ini adalah kekuatan pukulan yang diberikan. Forehand tinggi dilakukan dengan mengayun raket dengan tenaga penuh menuju kearah atas. Dengan hal ini, maka posisi kok akan berada jauh dari net.

Tujuan dari menggunakan servis ini adalah untuk melewati tubuh pemain lawan dan jatuh di area belakang lawan tersebut.

Teknik ini biasa dilakukan oleh para pemain yang tengah bertahan. Karena dengan teknik ini, kita dapat memperkirakan arah mana yang akan dipilih oleh lawan dalam pengembalian servis.

c. Backhand Service

Berbeda dengan kedua teknik servis sebelumnya, teknik backhand dalam servis hanya menggunakan ayunan dan kekuatan yang sedang saja. Posisi kaki disesuaikan dengan tangan yang tengah memegang raket. Jika raket dipegang oleh tangan kanan, maka kaki kanan yang berada di depan dan kaki kiri berada di belakang dengan posisi kaki agak menjinjit.

2. Pengembalian Servis

Setelah memahami teknik servis, saatnya kita memahami teknik pengembalian servis. Pada teknik dasar bulu tangkis, teknik pengembalian servis ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan teknik pukulan Dropshot dan teknik pukulan Netting.

Dalam mengembalikan pukulan servis, hal yang perlu dihindari adalah memukul dengan teknik smash. Hal ini karena pergerakan kok ketika servis tidak terlalu kuat, sehingga pukulan akan tidak efektif dan kurang tajam. Malahan, smash yang dilakukan kemungkinan akan mengenai net.

3. Teknik Pukulan Smash

Teknik Pukulan Smash

http://walpaperhd99.blogspot.com

Pada olaharga bulu tangkis, teknik pukulan smash merupakan teknik menyerang. Tujuan dari pukulan ini adalah untuk mematikan pergerakan lawan dan mendapatkan poin.

Pukulan smash ini ada beberapa macam, berikut penjelasannya.

a. Smash Penuh (Full Power Smash)

Smash ini dilakukan dengan mengenai daun raket secara keseluruhan dan juga menggunakan kekuatan sekuat tenaga dalam pukulannya.

b. Smash Potong (Cross Smash)

Jika dibandingkan dengan smash pertama, kekuatan yang dihasilkan dari pukulan smash ini memang kurang. Namun, akurasi dari pukulan ini sangat tajam dan terarah. Biasanya dilakukan dengan arah menyilang (cross smash).

c. Around the Head Smash

Pukulan smash ini dilakukan dengan memutar lengan melewati atas kepala. Teknik smash ini memerlukan keterampilan pada pergelangan tangan yang baik, serta keseimbangan badan yang baik pula.

d. Backhand Smash

    Teknik pukulan backhand smash, yaitu smash yang dilakukan dari sebelah kiri dan mengutamakan keterampilan pergelangan tangan. Dalam melakukannya, biasanya posisi badan berlawanan arah dengan shuttlecock yang akan dipukul (tubuh menghadap belakang dari kok).

4. Teknik Pukulan Dropshot

Teknik Dropshot

http://walpaperhd99.blogspot.com

Teknik pukulan yang perlu kamu kuasai selanjutnya adalah teknik dropshot. Teknik ini hampir sama dengan teknik smash, dimana tujuan dari kedua pukulan ini adalah mematikan pergerakan lawan dan mendapatkan poin dari permainan.

Hal yang berbeda dari smash adalah pada pukulan yang lebih halus dengan menggunakan tenaga dan dorongan yang lebih sedikit.

Gerakan dropshot biasanya bertujuan untuk mengecoh lawan dengan seolah-olah kita akan melakukan smash keras, namun kita mengurangi tenaga pukulan dan mengarahkan kok menuju dekat net lawan sehingga lawan akan mati langkah dalam menanggapinya.

Namun, pukulan ini tidak mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari pukulan ini.

Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :

  • Posisi badan yang tepat dan meyakinkan.
  • Teknik pegangan pada raket.
  • Teknik pergerakan kaki (footwork).
  • Perpindahan berat badan yang bergerak beriringan.

5. Teknik Pukulan Netting

Teknik Netting

http://walpaperhd99.blogspot.com

Teknik netting ini adalah salah satu teknik yang cukup sulit untuk dilakukan. Bahkan, pemain-pemain kelas dunia pun sering gagal dalam melakukan teknik ini.

Hal ini karena untuk menggunakan teknik netting, pukulan yang dilakukan membutuhkan perasaan dan presisi yang tepat dalam mengarahkan kok.

Secara teori, pukulan ini memang mudah untuk dijelaskan, yakni kamu hanya perlu memukul pelan shuttlecocks dan menempatkannya sedekat mungkin dengan net lawan.

6. Teknik Pukulan Lob

Teknik Lob

http://walpaperhd99.blogspot.com

Teknik pukulan lob ini merupakan salah satu teknik pukulan yang tidak kalah pentingnya dengan teknik yang lain, baik itu untuk pertahanan ataupun untuk penyerangan. Pukulan lob juga dapat dilakukan dari atas dan bawah.

Ada beberapa jenis teknik dalam pukulan lob, yaitu:

a. Lob Serang

Pukulan lob serang ini terdiri dari dua macam, yakni pukulan lob dari atas dan dari bawah. Lob serang dari atas memukul kok dari depan badan dan dilambungkan dengan rendah dan cepat. Adapun lob serang dari bawah, kok diambil dari bawah dan dilambungkan agak rendah dan cepat.

b. Lob Penangkis

Pukulan lob penangkis juga terdiri dari dua macam. Pukulan lob penangkis dari atas adalah dengan memukul kok/bola yang berada di depan badan atau kepala dengan melambungkan kok tinggi dan jauh hingga garis belakang.

Adapun lob penangkis dari bawah adalah dengan memukul shuttlecocks yang berada dibawah badan dipukul dengan tinggi dan jauh menuju belakang area lawan.

7. Teknik Pukulan Overhead

Teknik Overhead

master-bulutangkis.blogspot.com

Teknik ini dilakukan ketika shuttlecocks yang datang dari lawan mengarah ke belakang posisi tubuh kita. Teknik ini dilakukan hanya bertindak sebagai pukulan balasan dan defensif.

Cara melakukan teknik ini adalah dengan memukul secara kuat shuttlecocks yang datang. Biasanya teknik ini menggunakan forehand dalam memukulnya.

8. Teknik Pukulan Drive

Teknik Drive

http://walpaperhd99.blogspot.com

Dalam permainan bulu tangkis, teknik dasar ini biasa digunakan dalam permainan ganda. Pengertian dari teknik pukulan drive  ini adalah sebuah pukulan yang cepat dan mendatar.

Pukulan ini biasa digunakan untuk menghindari serangan lawan maupun sebaliknya, sebagai pancingan untuk lawan agar terpojok dan mengangkat kok sehingga mengubah posisi pemain lawan menuju posisi bertahan.

Pukulan drive membutuhkan kekuatan pergelangan tangan karena pegangan raket sangat cepat berpindah pada teknik ini. Bukan hanya itu, kekuatan bahu juga diperlukan ketika memukul shuttlecocks.

C. Gerakan Kaki (Footwork)

Teknik Footwork

youtube.com

Setelah memahami teknik pegangan raket (grip) dan teknik pukulan, kali ini kita akan menuju teknik dasar bulu tangkis selanjutnya yakni gerakan kaki atau footwork.

Dalam permainan bulu tangkis, suatu hal yang wajib untuk dimiliki oleh pemain adalah kelincahan. Bukan hanya kelincahan tangan untuk memukul, namun juga gerakan kaki dalam mengatur posisi yang tepat.

Kelincahan ini menuntut keharmonisan antar pergerakan tangan, badan, dan kaki. Hal ini berlaku ketika menyerang ataupun bertahan.

D. Sikap dan Penempatan Posisi Badan

Penempatan Posisi pada Bulu Tangkis

youtube.com

Bukan hanya kelincahan, pemain bulu tangkis juga harus menguasai keseimbangan dalam permainannya. Keseimbangan ini perlu ketika dalam pertandingan, terutama pada permainan yang cepat antar kedua pemain.

Selain itu, pemain yang memiliki keseimbangan yang baik akan menunjukkan pukula yang baik dalam kondisi apapun. Berbeda dengan pemain yang kurang seimbang yang nantinya akan mengakibatkan kurang maksimalnya pukulan yang dihasilkan bahkan hingga gagal dalam memukul kok.

Untuk menjaga keseimbangan yang baik, beberapa yang perlu diperhatikan dan dilakukan adalah:

  1. Posisikan berat tubuh untuk bertumpu pada kedua kaki ketika tengah bermain. Hal ini berlaku ketika bertahan atau menyerang.
  2. Sebelum memukul, tekuk kedua lutut dan berdiri dengan ujung kaki hingga pinggang berada pada posisi tegak.
  3. Posisikan kedua kaki dengan selebar bahu, baik dalam posisi sejajar atau salah satu kaki berada didepan.
  4. Agar tangan yang tengah memegang raket dapat bergerak dengan bebas, lengan yang tidak memegang raket posisikan untuk berada di samping badan.

E. Posisi Badan Ketika Memukul (Hitting Position)

Posisi Memukul

blog.playo.co

Teknik dasar bulu tangkis terakhir yaitu adalah bagaimana memposisikan tubuh ketika hendak memukul (hitting position).

Pengaturan posisi ini penting untuk dilakukan dalam permainan badminton ini. Hal ini berpengaruh terhadap hasil dan juga kualitas dari pukulan yang kita lakukan.

Untuk posisi memukul, berikut posisi badan yang tepat.

  • Posisi badan berada pada kondisi menyamping kearah net.
  • Lalu, kedua kaki berada pada posisi menyilang, dengan salah satu kaki berada didepan yang lainnya.

Itulah teknik-teknik dasar yang ada pada bulu tangkis. Untuk menjadi seorang yang mahir dalam permainan badminton ini, kamu tak boleh menyepelekan teknik-teknik ini.

Pelajarilah dengan baik satu per satu dari seluruh teknik yang sudah kami jelaskan. Hal ini akan membuat pemahaman kamu dalam permainan bulu tangkis menjadi lebih baik.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan bacaan ini kepada orang-orang sekitar kamu.

Leave a Reply