Bingung Pilih Jurusan? Ini Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kalian

Memilih Jurusan yang Tepat – Bagi kalian yang akan menginjakkan kaki di dunia perkuliahan, tentu ajang pemilihan jurusan menjadi salah satu hal yang kebanyakan dari kamu bingung. Memang, pemilihan jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Penulis pun pernah merasakan kebimbangan seperti kalian.

Menurut penulis sendiri, memang pemilihan jurusan yang tepat tak bisa dipungkiri memang sangat berpengaruh terhadap masa depan kalian. Tak sedikit yang merasa menyesal karena merasa salah pilih jurusan ketika kuliah.

Alasan yang Membuat Memilih Jurusan Itu Susah

Menurut penulis sendiri, ada beberapa alasan yang membuat proses pemilihan jurusan tersebut menjadi sulit bagi kalian untuk ditentukan, diantaranya:

Orang Tua yang Menyuruh untuk Masuk Jurusan Tertentu

Tak bisa disangkal, terkadang orang tua masih menjadi penentu pilihan masa depan kita. Sebagai anak yang baik, mau tidak mau kita harus nurutin apa yang orang tua inginkan dan harapkan dari kita.

Ketakutan akan Masa Depan

sumber: pexels.com

Pemilihan jurusan yang tepat memang mempengaruhi masa depan kita kelak. Karena hal inilah bisa jadi kita ragu-ragu dengan pilihan kita terhadap jurusan yang kita inginkan. Apakah jurusan yang kita ambil tersebut akan membawa kita ke masa depan yang lebih baik bagi kita.

Tidak Mengenal Diri dengan Baik

sumber: chymfm.com

Salah satu permasalahan kita ketika hendak memilih jurusan adalah karena kita yang tidak mengenal diri kita sendiri. Kita bingung apa yang sekiranya kita suka untuk dikerjakan. Kita bingung apa jurusan yang cocok untuk kita. Serta masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang membuat kita semakin bingung dalam memilih jurusan yang ideal untuk kita.

Teman yang Mengajak ke Jurusan yang Sama

sumber: brilio.net

Ketika hendak memilih jurusan, salah satu cara bagaimana kita memilih jurusan adalah dengan bertanya. Baik itu kepada orang tua, saudara, paman, bibi, ataupun teman-teman yang ada di sekitar kita.

Hal diatas biasa dilakukan untuk memperbanyak pilihan jurusan yang bisa kamu pilih pada akhirnya. Namun, hati-hati dengan ajakan teman ketika dia menyarankan jurusan yang sama dengan dirinya.

Hal ini bukan tidak baik untuk kalian, namun perlu pertimbangan lagi sebelum kamu dapat memutuskan untuk mengikuti teman kamu menuju jurusan yang sama.

Tidak Mengenal Masing-Masing Jurusan yang akan Dituju

sumber: karyabuatanku.com

“Tak kenal maka tak sayang”, ungkapan ini sepertinya cocok untuk alasan yang satu ini. Untuk meyakinkan kalian bahwa jurusan tersebut tepat untuk, tentunya kalian perlu mempelajarinya dengan lebih dalam.

Tips untuk Memilih Jurusan yang Tepat

Jika kalian merasa bahwa salah satu alasan diatas mewakili kalian, berarti kalian berada satu langkah lagi menuju jurusan yang tepat untuk kalian. Memang cukup sulit dalam memilih jurusan, namun biasanya hal ini terjadi bagi kalian yang memang belum mempersiapkan masa depan dengan baik (begitu pun penulis sebelumnya merasakan hal ini juga).

Nah, untuk kalian yang merasa bingung dan ragu dalam memilih jurusan, ada beberapa tips yang bisa penulis berikan untuk kalian. Tips-tips ini hanya bersifat memudahkan kalian untuk memilih jurusan yang lebih cocok untuk kalian. Adapun keputusan pemilihan, itu kembali ke diri kalian pribadi.

Berikut beberapa tips yang bisa kalian pertimbangkan untuk dilakukan, sebelum kalian memilih jurusan yang tepat.

1. Kenali Diri

sumber: endlesslimitation.com

Pertama yang penulis sarankan untuk kalian adalah kenali diri kalian terlebih dahulu. Kenali apa yang merupakan kelebihan yang  kamu miliki, dan apa kekurangan yang kamu miliki. Selain itu, pertimbangkan pula apa yang bisa kamu lakukan dan hingga sejauh mana usaha yang bisa kamu berikan terhadap kemampuan kamu tersebut.

Nah, jika kalian bingung untuk mengenali potensi diri kamu sendiri, sekarang ada beberapa cara untuk mengetahui kepribadian kamu yang sesungguhnya.

Untuk mengetahui kepribadian asli kalian, kalian bisa coba tes kepribadian terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah saat ini. Jika kamu tidak mampu membayar untuk tes kepribadian kamu ke psikiater, kamu dapat juga cek kepribadianmu disini.

2. Pilih Jurusan yang Kamu Suka dan Mampu

sumber: jurusankuliah.id

Nah setelah kamu mengetahui kepribadian kamu dan kemampuan kamu, sekarang persempit lagi pemilihan jurusan tersebut dengan pilihan yang kamu rasa suka dan kamu mampu untuk berada di jurusan tersebut.

Jangan sampai, kamu merasa suka terhadap jurusan tersebut, namun ternyata kamu tidak mampu dalam menaklukkan jurusan tersebut. Ingat! Pemilihan jurusan tidak hanya mengandalkan apa yang kamu suka saja, namun juga apa yang kamu mampu lakukan.

3. Bandingkan Beberapa Jurusan yang Telah Kalian Pilih

sumber: newstoday.id

Setelah kalian memilih beberapa jurusan yang kalian rasa suka dan mampu untuk dilaksanakan, tugas kalian sekarang adalah membandingkan masing-masing jurusan tersebut. Catat apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jurusan yang sudah kalian pertimbangkan tersebut.

Lalu, riset dan kenali lebih dalam mengenai jurusan-jurusan tersebut. Jika ada orang terdekat kamu memilih salah satu jurusan yang kamu tentukan, mintalah opini dari orang tersebut. Hal ini memungkinkan kamu untuk lebih paham dan tepat dalam mengambil keputusan.

4. Pilih Jurusan yang Memiliki Peluang Kerja Tinggi atau Memberikan Kalian Kemampuan untuk Bisa Mandiri

sumber: youthmanual.com

Setelah membandingkan beberapa jurusan yang telah kalian pilih, teliti kembali bagaimana respon pasar terhadap jurusan tersebut. Hal ini agar ketika kamu lulus nanti, peluang untuk kamu mendapatkan pekerjaan masih besar. Tentunya salah satu tujuan kamu untuk berkuliah adalah mencari dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Lalu, kamu juga dapat mempertimbangkan kemampuan apa yang akan kamu dapatkan dengan masuk ke jurusan tersebut. Hal ini menurut penulis sangat penting. Dengan kamu memiliki kemampuan setelah lulus, kamu dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan kemampuan yang kamu miliki tersebut.

5. Usahakan Memilih Jurusan yang Mampu Masuk di Banyak Sektor

Untuk pertimbangan jurusan yang akan kamu pilih, kamu juga dapat memilih jurusan yang fleksibel. Artinya, jurusan tersebut dapat masuk ke beberapa sektor pekerjaan ketika kalian telah lulus. Hal ini agar ketika lulus, lapangan pekerjaan yang tersedia bagi kalian lebih banyak dan lebih bervariasi.

6. Usahakan Mendapatkan Akreditasi yang Baik untuk Jurusan yang Kalian Pilih Tersebut

sumber: pixabay.com

Tak bisa dipungkiri jika hingga saat ini, penilaian akreditasi masih sangat penting untuk masa depan kamu. Hal ini karena akreditasi ini menjadi salah satu tolak ukur bagi perusahaan untuk menilai calon pekerjanya kelak. Dengan akreditasi yang baik, perusahaan berspekulasi bahwa lulusan dari jurusan tersebut juga kurang lebih baik.

7. Biaya Kuliah

sumber: jurnal.id

Setelah kita mendapatkan beberapa jurusan yang cocok untuk kita, yang menjadi pertimbangan terakhir menurut penulis adalah masalah biaya. Masalah biaya mau tak mau memang menjadi salah satu alasan bagaimana tepatnya kita memilih jurusan.

Namun, biaya ini juga bukan lagi menjadi acuan utama bagi kalian. Jika kalian percaya diri dengan kemampuan kalian, biaya ini bisa kalian akali dengan mencari donator ataupun beasiswa. Kini, banyak sekali program-program yang menawarkan beasiswa untuk kalian.

Kalian hanya membutuhkan usaha untuk mencari dan bertanya mengenai beasiswa yang tersedia.

Itulah beberapa pandangan dan tips dari penulis untuk kalian yang masih bingung dalam mencari jurusan yang cocok untuk kalian pilih. Jika jurusan yang kalian pilih berbeda dengan yang orang tua sarankan, tidak perlu bersedih hati terlebih dahulu.

Ingat! Orang tua tentunya menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Jika memang kalian yakin dengan jurusan yang kalian pilih, bertanggung-jawablah dengan apa yang kalian pilih. Juga, jelaskan dengan alasan yang tepat dan mendukung.

Semoga bermanfaat, jangan lupa baca hari ini.

Leave a Reply