Cara Bermain UNO yang Tepat dan Tips untuk Menang

Cara Bermain UNO – Bagi kalangan muda, permainan kartu UNO sepertinya sudah tak asing lagi untuk dimainkan. Permainan ini memang sangat seru untuk dimainkan, apalagi dimainkan bersama teman-teman Kamu. Pastinya ada yang merasa kesal dan ada juga yang akan merasa permainan ini sangat menyenangkan (bagi yang menang).

Salah satu hal seru dari permainan ini adalah hukuman yang akan didapatkan oleh orang yang kalah. Entah itu mendapatkan coretan dari bedak dan lipstik, atau mendapatkan hukuman lain yang sudah disepakati oleh para pemain sebelumnya. Hal ini juga bisa menjadi pemicu semangat untuk serius memainkan permainan ini.

Jika Kamu belum mengetahui peraturan dan bagaimana cara bermain kartu UNO ini, berikut saya suguhkan untuk Kamu cara yang benar untuk dalam memainkan kartu UNO ini.

Komposisi 1 Dek Kartu UNO

Dek Kartu UNO

sumber: www.gamingevening.com

Sebelum mengetahui cara bermain UNO, mari kita kenali dahulu kartu yang terdapat dalam 1 dek UNO. Hal ini agar memudahkan untuk Kamu mengenal berbagai jenis kartu yang ada pada UNO.

Dalam 1 dek, jumlah kartu UNO adalah 108 kartu (menurut aturan resmi Mattel). Padahal jika dihitung baik-baik jumlah kartu UNO adalah 112 kartu yang dibagi menjadi 2 jenis kartu UNO. Berikut detail kartu UNO dalam 1 dek UNO.

Jenis Kartu UNO

Dek Kartu UNO

sumber: http://www.gamingevening.com

Kartu Biasa, kartu biasa ini terdiri dari 4 warna yakni merah, kuning, biru, dan hijau. Masing-masing warna terdiri dari 19 kartu mulai dari angka 0-9. Pada masing-masing warna, total kartu pada angka 1-9 adalah 2 kartu dan 1 kartu pada angka 0. Jadi, jumlah kartu biasa yang ada pada UNO adalah 76 kartu (19 kali 4).

Kartu Simbol atau Kartu Aksi, kartu ini terbagi menjadi 5 simbol, yakni:

  • 8 Draw +2 Card, 2 kartu pada masing-masing warna. Ketika muncul kartu ini, maka pemain selanjutnya harus mengambil 2 kartu dari Draw Card sebelum bermain;
  • 8 Reverse Card, 2 kartu pada tiap warna. Ketika muncul kartu ini, maka giliran dari permainan akan berbalik. Misalnya giliran sebelumnya searah jarum, maka akan berbalik berlawanan arah jarum jam;
  • 8 Skip Card, 2 kartu pada setiap warna. Ketika bertemu kartu ini, maka pemain selanjutnya akan dihentikan pada giliran saat ini dilanjutkan dengan pemain selanjutnya;
  • 4 Wild Card, dengan warna netral. Jika bertemu kartu ini, maka pemain selanjutnya bebas dalam menentukan kartu mana yang akan dikeluarkan baik dari warna maupun angka. (Pada permainan yang saya mainkan, ketika kartu ini keluar maka pemain yang mengeluarkan kartu akan menentukan pilihan warna yang perlu dikeluarkan oleh pemain selanjutnya);
  • 4 Wild +4 Card, dengan warna netral. Pemain giliran selanjutnya perlu mengambil 4 kartu dari Draw Card, lalu pemain selanjutnya dapat mengeluarkan kartu manapun. (Untuk saya, peraturan pada kartu ini juga berlaku seperti kartu jenis Wild Card diatas); dan
  • 4 Blank Card, 1 pada masing-masing warna (kartu ini tersedia pada dek baru).

Cara Bermain Kartu UNO yang Benar

Cara Main UNO

sumber: usefultipsfor.me

Setelah mengetahui jenis kartu yang ada pada UNO, maka Kamu berhak untuk melanjutkan menuju tahap yang benar bagaimana bermain UNO. Berikut aturan lengkap bagaimana permainan UNO dimainkan.

  1. Permainan UNO ini dapat dimainkan oleh 2-10 orang (lebih banyak orang bakal lebih seru).
  2. Kocok terlebih dahulu dek UNO lalu bagikan pada masing-masing pemain sebanyak 7 kartu. Selebihnya akan dijadikan sebagai Draw Card (kartu tarikan).
  3. Permainan dimulai dengan mengambil 1 buah kartu dari Draw Card sebagai First Card yang nantinya menjadi patokan kartu yang boleh dikeluarkan diawal permainan.
  4. Prinsip permainan dari kartu UNO ini adalah dengan menyamakan baik warna ataupun angka yang tertera pada kartu yang sudah dikeluarkan sebelumnya. (Misalkan kartu sebelumnya yang keluar adalah kartu dengan angka 9 dan berwarna biru. Maka Kamu dapat memilih apakah akan mengeluarkan angka 9 dengan warna lain, atau warna biru dengan angka lain. Paham yah?).
  5. Arah giliran pada permainan UNO biasanya dimulai dengan searah jarum jam. Hal ini dapat diubah dengan kartu Reverse ketika permainan tengah berlangsung.
  6. Jika Kamu tak memiliki kartu yang dapat dikeluarkan, maka Kamu harus mengambil kartu dari Draw Card hingga menemukan kartu yang dapat digunakan.
  7. Kartu simbol atau aksi dapat Kamu keluarkan ketika giliran Kamu dengan pengecualian pada Wild +4 Card. Kartu +4 ini hanya dapat Kamu keluarkan ketika tak ada lagi kartu angka yang dimiliki oleh Kamu.
  8. Kartu aksi yang mengharuskan kita untuk mengambil kartu pada Draw Card dapat dihindari dengan mengeluarkan kartu yang berjenis sama. Misalnya teman Kamu menyerang dengan memberikan kartu +2 kepada Kamu, maka Kamu dapat mencegahnya dengan mengeluarkan kartu +2 yang Kamu miliki juga. Namun pemain setelah Kamu harus mengambil akumulasi dari kartu (+) yang sudah dikeluarkan.
  9. Terakhir, jika kartu yang berada di tangan Kamu hanya tersisa 1, maka Kamu wajib untuk mengatakan “UNO”. Jika pemain lain mengucapkan “UNO” duluan, maka Kamu mengambil 7 kartu dari Draw Card.

Tips agar Mampu Menang pada Permainan UNO

Menang UNO

sumber: siasfirst.com

Untuk memenangkan permainan UNO ini, cara terbaik adalah dengan menggunakan kombinasi kartu yang tepat. Jika bisa, Kamu perlu mempertimbangkan terlebih dahulu kartu mana yang perlu dikeluarkan ketika giliran Kamu.

Tapi, perlu diingat bahwa keberuntungan juga jadi salah satu faktor dalam memenangkan permainan ini. Strategi dibuat hanya untuk meminimalkan kekalahan yang bisa terjadi pada Kamu dan meningkatkan kemungkinan Kamu untuk menang.

Faktor lain dalam memenangkan permainan ini berada pada keberuntungan Kamu untuk mendapatkan kartu-kartu bagus ketika permainan dimulai di awal.

Berikut beberapa hal yang dapat Kamu pertimbangkan sebagai salah satu strategi yang Kamu lakukan.

Menghitung Kartu

Menghitung Kartu pada Permainan UNO

sumber: theverge.com

Jika ingin memenangkan permainan, Kamu perlu untuk memperhatikan bahkan menghitung kartu yang sudah keluar dari pemain lain. Berikut beberapa pertimbangan yang dapat Kamu lakukan.

  • Jika salah satu pemain sering mengeluarkan kartu dengan warna yang sama, maka sebisa mungkin Kamu ubah warna tersebut. Hal ini bisa jadi menandakan bahwa kartu yang ia miliki banyak yang mempunyai warna sama.
  • Ketika salah satu pemain sering mengambil kartu ketika salah satu warna ditetapkan, maka sebisa mungkin warna pada kartu jangan diubah. Hal ini agar tiap giliran pemain tersebut selalu mengambil kartu di Draw Card.
  • Selain kedua hal diatas, Kamu juga bisa melakukan dengan mengontrol warna yang berada di permainan. Sehingga Kamu dapat dengan mudah untuk memenangkan permainan. Cara terbaik untuk mengatur dan mengubah warna pada permainan adalah dengan memiliki Wild Card. Kamu juga dapat melakukannya dengan menyamakan angka dengan warna yang sesuai dengan apa yang Kamu inginkan.

Gunakan Action Card dengan Bijak

Action Card pada Permainan UNO

sumber: cosmo.ph

Tips selanjutnya dalam memenangkan permainan UNO ini adalah dengan menggunakan secara bijak kartu aksi yang Kamu miliki. Hal ini terutama berlaku untuk kartu +2 dan +4 yang dapat memecah pertemanan kamu.

Berikut beberapa contoh penggunaan dari kartu aksi yang tepat.

  • Ketika pemain setelah Kamu hanya tersisa beberapa kartu saja dan Kamu memiliki kartu +2 atau +4, serang mereka dan hentikan mereka dari menang melawan Kamu. Hal ini salah satu keseruan dari permainan kartu yang satu ini.

Itulah beberapa cara bermain dan aturan yang biasanya berlaku pada permainan UNO ini. Namun, Kamu juga dapat menambahkan aturan-aturan tertentu ketika memainkannya, tergantung kesepakatan para pemain. Beberapa aturan tambahan yang biasa Saya dan teman lakukan seperti:

  • Ketika keluar angka 0 pada permainan, maka Kami menukar kartu yang Kami miliki sesuai dengan arah permainan. Jika searah jarum jam, maka pertukaran kartu diarahkan searah dengan jarum jam juga.
  • Ketika muncul kartu dengan warna netral (Wild Card), penentuan warna selanjutnya tergantung keputusan dari pemain yang mengeluarkan kartu tersebut.

Menurut anjurannya, permainan UNO ini hanya boleh dimainkan oleh seseorang yang sudah berumur 7 tahun keatas. Jadi, jangan coba-coba memainkannya dengan anak usia dibawah 6 tahun yah.

Disclaimer!

  • Permainan UNO ini dapat menyebabkan perpecahan diantara teman-teman Kamu akibat penggunaan kartu +2 dan +4 secara berlebihan.
  • Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerenggangan antar teman setelah permainan UNO ini berlangsung.
  • Apabila setelah Kamu membaca artikel ini menjadi orang yang selalu menang di lingkungan Kamu, itu diluar tanggung jawab Kami.

Sekian yang bisa Saya bahas mengenai cara bermain UNO yang baik dan benar. Terima kasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat. Bagikan bacaan ini kepada rekan-rekan Kamu apabila dirasa bermanfaat untuk Mereka.

Jangan Lupa BACA Hari Ini…

2 Comments

Leave a Reply