Materi Bola Voli Lengkap: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Teknik Dasar, Strategi, Formasi, Peraturan, dan Risiko

Materi Bola Voli – Pastinya kalian sudah tak asing lagi dengan olahraga yang satu ini. Ya, kali ini penulis akan mengulas materi bola voli secara tuntas. Jika kalian memang berminat dalam permainan bola voli ini, perhatikan baik-baik materi tentang bola voli yang akan kita bahas kali ini.

Pengertian Permainan Bola Voli

Materi bola voli pertama yang akan kita bahas adalah mengenai pengertian dari bola voli itu sendiri.

Bola voli atau Volleyball adalah sebuah olahraga yang dimainkan oleh dua grup yang saling berlawanan. Masing-masing grup yang bermain beranggotakan enam orang pemain.

Selain beranggotakan enam pemain, adapula variasi dalam jumlah anggota dalam masing-masing grup. Hal itu terjadi di permainan bola voli pantai. Pada permainan ini, jumlah anggota hanya beranggotakan dua orang saja, berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya.

Untuk organisasi yang menaungi olahraga ini, di dunia kita memiliki organisasi dengan nama FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk dari olahraga ini. Sedangnkan untuk dalam negeri, olahraga ini dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Indonesia).

Sejarah Permainan Bola Voli

Setelah mengetahui pengertian, kita lanjutkan kepada materi bola voli kita yang kedua yakni tentang sejarah dari permainan bola voli ini. Mari kita bahas materi bola voli yang kedua kali ini.

Permainan bola voli ini pertama kali diciptakan oleh William G. Morgan. Beliau adalah seorang instruktur olahraga di YMCA (Young Men’s Christian Association). Dahulu permainan bola voli ini bernama Mintonette dan diciptakan pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Terciptanya Mintonette

Olahraga Mintonette ini ternyata tercipta dan terinspirasi dari 4 bagian permainan dari bola besar, yakni bola basket, baseball, tennis, dan bola tangan (handball).

Beliau terinspirasi untuk menciptakan permainan ini setelah bertemu dengan penemu olahraga basket, James Naismith. Namun, permainan bola voli ini baru tercipta setelah 4 tahun ditemukannya olahraga bola basket.

Mulanya, permainan mintonette (bola voli) ini dimainkan oleh anggota YMCA yang sudah tak muda lagi. Oleh karena itulah, mengapa olahraga bola voli ini tidak terlalu aktif, jika dibandingkan dengan permainan bola basket.

Peraturan Pertama Bola Voli Diciptakan

Peraturan pertama kali yang dibuat oleh William G. Morgan pada bola voli ketika itu adalah jaring yang memiliki ketinggian 1,98 meter. Jaring tersebut beliau pasang ditengah lapangan dengan ukuran 7,6 meter x 15,2 meter.

Adapun untuk durasi permainan, pertandingan itu dibagi menjadi 9 sesi dengan 3 kali servis dilakukan oleh masing-masing tim di setiap sesi.

Mintonette Berubah Menjadi Bola Voli (Volleyball)

Akhirnya, olahraga Mintonette ini berubah nama menjadi Volleyball pada tahun 1896. Hal ini dilakukan ketika adanya demonstrasi pertandingan pertama kali di YMCA Training School, London, Inggris.

Pada tahun tersebut, Director of the Profesional Physical Education Training School dan sekaligus sebagai Executive Director of Departement of Physical Education the International Committee of YMCA, Dr. Luther Halsey Gulick mengundang William G. Morgan untuk mendemonstrasikan cabang olahraga yang ia buat, yakni bola voli di Stadion kampus YMCA.

Pada acara tersebut, William G. Morgan membawa dua tim yang beranggotakan 5 orang pada masing-masing tim. Ia menjelaskan bahwa permainan bola voli ini bisa dimainkan oleh banyak orang tanpa ada batasan dalam jumlah pemain.

William G. Morgan pun menjelaskan bahwa tujuan dari permainan ini adalah untuk mempertahankan bola agar tetap melintasi jarring dari daerah tim satu ke tim lainnya.

Berkembangnya Bola Voli ke Seluruh Dunia

Seiring berkembangnya zaman, permainan bola voli pun mengalami pembaharuan dalam aturan teknik dasar. Hal itu dengan adanya teknik spike atau smash yang mulai diperkenalkan pada tahun 1916.

Kemudian, pada tahun 1920 diterapkan kembali aturan baru, yakni diterapkannya 3 kali sentuhan dan mengubah skor akhir yang mulanya 15 poin menjadi 21 poin.

Tak terduga, ternyata permainan ini semakin terkenal dan digemari oleh berbagai kalangan, bahkan hingga ke Kanada. Setelah semakin luasnya penyebaran olahraga ini, akhirnya terbentuklah FIVB pada tahun 1947.

Pada tahun 1949, diselenggarakanlah turnamen kejuaraan olahraga bola voli untuk pertama kalinya.

Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Setelah mengetahui sejarah awal permainan bola voli, mari kita lanjutkan materi bola voli menuju sejarah permainan bola voli di Indonesia.

Di Indonesia, olahraga bola voli berada dibawah naungan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Olahraga bola voli ini masuk pertama kali ke Indonesia pada tahun 1928, ketika Indonesia masih dijajah. Saat itu, permainan ini hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda dan para bangsawan saja.

Perkembangan permainan bola voli kala itu masih terbatas. Karena saat itu guru olahraga didatangkan langsung dari Belanda dan hanya mereka yang paham mengenai permainan satu ini.

Selain para guru olahraga, para tentara juga memiliki peranan dalam pengembangan olahraga bola voli di Indonesia. Para tentara biasa memainkan bola voli di asrama, lapangan terbuka, dan juga sering mengadakan pertandingan antar kompeni.

Awal Terbentuknya PBVSI di Indonesia

Akhirnya, permainan bola voli ini makin populer dan digemari oleh banyak orang. Karena perkembangannya yang pesat, kemudian muncullah klub-klub baru yang berasal dari kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Dengan perkembangan tersebut, maka dibentuklah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI di Jakarta pada tanggal 22 Januari 1955. Dengan adanya organisasi yang menaungi, mulailah muncul kejuaraan bola voli nasional untuk pertama kalinya.

Leave a Reply