Cara Menyetem Gitar secara Manual, Otomatis, hingga Online

Cara Menyetem Gitar – Ketika tengah bermain gitar, tentu tidak enak jika bunyi yang dihasilkan oleh gitar tidak pas alias sumbang. Mau tidak mau kalian mesti menyetem gitar tersebut.

Nah kali ini, kita akan belajar bagaimana cara menyetem gitar dengan benar. Baik itu secara manual, atau dengan bantuan aplikasi penyetem gitar. Yuk simak baik-baik ulasannya dibawah ini.

Dasar Penyeteman Gitar

Sebelum kita menuju cara penyeteman, ada beberapa hal yang perlu kalian pahami agar bisa menyetem gitar dengan baik.

Mengenali Nada Masing-Masing Senar

Cara Menyetem Gitar - Hafal Nada Senar
guitarnoise.com

Untuk memudahkan kalian dalam menyetem gitar, yang pertama perlu kalian ketahui adalah nada dasar yang biasa digunakan pada masing-masing senar. Hal ini mulai dari senar 1 (paling bawah) hingga senar 6 (paling atas).

Kenali nada berikut untuk masing-masing senar terlebih dahulu sebelum kalian memulai penyeteman gitar. Jika diruntut dari atas, urutan nada dasar pada senar adalah:

  • E (Senar 6)
  • A (Senar 5)
  • D (Senar 4)
  • G (Senar 3)
  • B (Senar 2)
  • E’ (Senar 1)

Kenali Tuner yang Tepat

Jika kalian telah mengetahui nada dasar pada masing-masing senar, maka kenali tuner mana yang menjadi pusat dari senar tersebut. Pastikan bahwa apa yang kalian putar merupakan tuner yang sesuai dengan senar yang perlu kalian perbaiki.

Cobalah putar tuner ke kanan dan ke kiri sembari memetik senar yang akan disetem. Hal ini untuk memastikan kearah mana nada naik dan turun ketika diputar.

Cara Menyetem Gitar Secara Manual

Cara Menyetem Gitar Manual
learntoplaymusic.com

Setelah mengenal nada dasar pada masing-masing senar dan lokasi tuner yang tepat, kini saatnya menuju pelajaran utama kita.

Salah satu cara tradisional dalam menyetel gitar adalah dengan menyetem secara manual tanpa bantuan alat. Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan dalam menyetem secara manual ini.

Berikut langkah-langkahnya:

Pada Senar 6

Pada senar 6, tekan fret ke-5 atau kunci dasar A. Lalu, petik senar 6 dan senar 5. Senar 5 ini dibunyikan tanpa perlu menekan fret manapun. Samakan nada pada senar 5 tersebut dengan senar 6 fret ke-5.

Jika masih dirasa sumbang, putar tuner untuk senar 5. Jika merasa nada senar 5 lebih rendah, naikkan nada tersebut dengan memutar tuner (arah sesuaikan dengan nada yang dihasilkan apakah ke kiri atau ke kanan untuk menaikkan nada).

Jika dirasa ketinggian, maka putar tuner untuk merendahkan nada senar 5 tersebut. Patokannya adalah nada senar 5 mesti sama dengan nada senar 6 fret ke-5 atau nada A.

Pada Senar 5

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, kali ini kalian menekan senar 5 fret ke-5 atau kunci dasar D.

Lalu, petik senar 5 dan senar 4. Senar 4 ini dibunyikan tanpa perlu menekan fret manapun. Samakan nada pada senar 4 tersebut dengan senar 5 fret ke-5.

Jika masih dirasa sumbang, putar tuner untuk senar 4. Jika nada senar 4 lebih rendah, naikkan nada tersebut dengan memutar tuner (arah sesuaikan dengan nada yang dihasilkan apakah ke kiri atau ke kanan untuk menaikkan nada).

Jika dirasa ketinggian, maka putar tuner untuk merendahkan nada senar 4 tersebut. Patokannya adalah nada senar 4 mesti sama dengan nada senar 5 fret ke-5 atau nada D.

Pada Senar 4

Jika kalian telah memahami tahapan sebelumnya, kalian juga akan mudah untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya. Hal ini karena tidak berbeda jauh dengan sebelumnya.

Pada senar 4, tekan fret ke-5 atau kunci dasar G. Lalu, petik senar 4 dan senar 3. Senar 3 ini dibunyikan tanpa perlu menekan fret manapun. Samakan nada pada senar 3 tersebut dengan senar 4 fret ke-5 hingga sama nadanya.

Pada Senar 3

Pada senar 3, tekan fret ke-4 atau kunci dasar B. Lalu, petik senar 3 dan senar 2. Senar 2 ini dibunyikan tanpa perlu menekan fret manapun. Samakan nada pada senar 2 tersebut dengan senar 3 fret ke-5 atau kunci dasar B hingga sama nadanya.

Pada Senar 2

Pada senar 2, tekan fret ke-5 atau kunci dasar E. Lalu, petik senar 2 dan senar 1. Senar 1 ini dibunyikan tanpa perlu menekan fret manapun. Samakan nada pada senar 1 tersebut dengan senar 2 fret ke-5 atau kunci dasar E hingga sama nadanya.

Kelebihan dan Kelemahan Menyetem Secara Manual

Menyetem secara manual memang menyenangkan, hal ini karena kita juga dituntut untuk peka terhadap suara yang keluar dari gitar. Namun, bagi orang yang baru saja memegang gitar, mungkin akan kebingungan pada awalnya dalam mencari nada.

Berikut selengkapnya mengenai kelebihan dan kelemahan dalam menyetem secara manual.

Kelebihan Menyetem Gitar Manual

Ada beberapa manfaat ataupun kelebihan ketika kamu menyetem gitar secara manual, diantaranya:

  • Melatih kepekaan terhadap nada-nada yang dihasilkan dari masing-masing senar dan gitar secara keseluruhan.
  • Kalian dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun, karena tidak membutuhkan satu alatpun untuk melakukannya.

Kelemahan Menyetem Gitar Manual

Setelah tahu mengenai kelebihan dari menyetem manual, tentu juga ada kelemahan dalam menyetel secara manual ini. Berikut diantaranya:

  • Untuk menyetem secara manual ini, kalian perlu tahu salah satu nada dari senar pada gitar tersebut, umumnya mengetahui nada senar 6 (Kunci E). Hal ini karena butuh satu nada yang tepat sebagai patokan dalam menyetem senar yang lainnya.
  • Masih membingungkan bagi orang awam untuk melakukannya, butuh beberapa kali diajari agar mampu melakukannya sendiri.

Mengenai solusi untuk poin pertama, ada beberapa yang dapat dilakukan untuk menemukan nada dasar pada senar 6 ini, sebagai berikut.

  • Jika kalian memiliki piano di rumah, selaraskan atau samakan nada E pada piano dengan senar 6. Jika sudah maka lanjutkan dengan metode penyeteman secara manual diatas.
  • Gunakan lagu-lagu yang menggunakan awalan pada kunci E, misalnya beberapa lagu Noah (Peterpan), seperti Bintang di Surga, Mimpi yang Sempurna, Tak Bisakah, dll.

Cara Menyetem Gitar secara Otomatis

Menyetem Gitar Otomatis
thoughtco.com

Secara otomatis disini bukan serta merta nada gitar kalian langsung otomatis sesuai, namun menggunakan alat bantu dalam menyetel gitar tersebut. Kalian tetap perlu memutar tuner untuk menemukan nada yang tepat.

Hanya saja, kalian tidak perlu bersusah payah dengan menemukan sendiri nada yang tepat. Kalian hanya perlu menyesuaikan nada masing-masing senar dengan instruksi dari alat bantu tersebut.

Ada beberapa alat yang dapat membantu dalam menyetem gitar secara mudah ini, berikut diantaranya:

Tuner Digital

Cara Menyetem Gitar - Tuner Digital
soundreview.org

Alat pertama yang dapat membantu kita dalam menyetem gitar adalah tuner digital. Tuner digital ini memang dibuat untuk menyelaraskan nada pada alat music. Dengan adanya alat ini, kalian hanya perlu mendekatkan alat tersebut sembari memetik salah satu senar yang akan disetel.

Setelah dibunyikan, nantinya akan muncul frekuensi dan kunci yang dihasilkan dari senar tersebut. Sesuaikan kunci nada dengan senar yang disetel.

Saat ini, tuner digital ini sudah mudah untuk didapatkan. Bahkan, sudah tersedia alat tuner yang dapat dijepit di headstock gitar.

Aplikasi Tuner di Smartphone

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi
apkthing.com

Dengan perkembangan teknologi, kini sudah tersedia aplikasi menyetem gitar baik di android maupun di iOS. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut lalu menjalankannya.

Cara stem gitar dengan aplikasi ini tidak berbeda dengan tuner digital pada umumnya. Kalian hanya perlu untuk menyesuaikan nada dengan aplikasi pada gawai kamu. Salah satu contoh aplikasi di playstore misalnya ini.

Stem Gitar secara Online

Cara Menyetem Gitar Online
howtotuneaguitar.org

Jika kalian tidak mau repot-repot untuk membeli tuner digital atau mengunduh aplikasi tuner di gawai kalian, kalian bisa melakukannya dengan bantuan website alias secara online.

Kalian cukup membuka website dengan nama howtotuneaguitar.org. Lalu kalian pilih senar mana yang akan kalian setel. Urutannya mulai dari senar 6 (kunci E) pada sebelah kiri dan senar 1 (kunci E’) pada sebelah kanan.

Tips dan Peringatan dalam Penyeteman Gitar

  • Proses penyeteman ini akan efektif apabila senar yang digunakan memang masih bagus ataupun dalam keadaan baru. Jika merasa senar sudah tidak layak atau berasa sumbang dalam nada, usahakan ganti senar tersebut.
  • Untuk menjaga senar lebih awet, rawat gitar dengan baik, salah satuny dengan cara rutin dibersihkan dengan kain bebas serat.
  • Dalam penyeteman, hati-hati untuk tidak telalu mengencangkan senar yang tengah di setel, jika dirasa terlalu kencang lebih baik turunkan tegangan tersebut. Hal ini untuk mencegah dari putusnya senar yang bisa berakibat buruk pada kalian.

Itulah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara menyetem gitar, baik secara manual, secara otomatis, bahkan secara online atau daring. Mudah-mudahan dengan artikel ini dapat membantu kalian dalam mempelajari bagaimana cara menyetem gitar dengan benar.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan pada teman-teman kalian jika dirasa artikel disini berguna untuk kalian. Terima kasih.

Leave a Reply