Cara Memetik Gitar dan Fingerstyle | Mulai Tahap Pemula Hingga Mahir

Cara Memetik Gitar – Untuk yang senang bermain gitar, teknik memetik menjadi salah satu teknik yang dirasa perlu untuk bisa dilakukan. Juga, merupakan suatu kebanggaan bagi kita jika kita mampu untuk melakukan teknik memetik ini.

Untuk para pemula, memang tidak mudah untuk belajar teknik memetik gitar ini. Hingga saat ini pun, penulis masih belum terlalu mahir dalam memetik gitar. Agar mahir, yang kalian butuhkan adalah berlatih, berlatih, dan berlatih.

Nah pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengulas mengenai cara memetik gitar yang benar. Dengan begitu, kalian akan merasakan nikmatnya belajar gitar dengan baik.

Cara Bermain Gitar

Dalam bermain gitar, baik akustik ataupun elektrik, terdapat dua teknik dalam memainkan gitar atau senar tersebut. Teknik tersebut adalah:

  • Teknik Memetik Gitar: Teknik ini digunakan dengan memetik masing-masing senar dengan kelima jari kita.
  • Teknik Menggenjreng Gitar: Teknik ini umum digunakan ketika bermain gitar. Hal ini karena kita hanya perlu menggerakkan jari kita naik-turun sembari memainkan kunci sesuai dengan lagu yang dimainkan.

Cara Memetik Gitar untuk Pemula

Cara memetik gitar untuk pemula
uberchord.com

Dalam memetik gitar, hal pertama yang kalian butuhkan adalah niat. Hal ini karena untuk menjadi mahir, teknik ini butuh pembiasaan dan kegiatan rutin untuk dipraktikkan. Jangan malas untuk mengulang-ulang hal yang telah kamu pelajari.

Jika kalian memang benar bersungguh-sungguh ingin belajar, usahakan atur waktu latihan tiap harinya. Minimal 30 menit sampai 1 jam tiap hari rasanya cukup untuk kalian berlatih.

Biasanya, hal pertama yang membuat kalian bingung dalam memetik senar adalah  dimana posisi tangan dan jari yang tepat. Mengenai hal ini, sebenarnya taka da patokan khusus. Kalian hanya perlu memposisikan tangan kalian pada tempat yang sekiranya nyaman namun masih mampu untuk memainkan gitar.

Langkah – Langkah Memetik Gitar

Belajar Memetik Gitar
guitarlessonworld.com

Lakukan Pemetikan 2 Jari

Sebelum berusaha memetik dengan 5 jari, hal pertama yang perlu kalian lakukan pertama kali dalam memetik gitar adalah dengan mencoba memetik menggunakan 2 jari, yakni jempol dan telunjuk.

Posisi Jari pada Senar

Untuk posisi jari, biasanya untuk senar 4, 5, dan senar 6 menggunakan jempol untuk memetiknya. Adapun untuk senar 1, 2, dan senar 3, masing-masing senar ini menggunakan jari yang lain (bagi pemula cukup hanya dengan jari telunjuk terlebih dahulu).

Jika kalian sudah terbiasa dengan pemetikan dua jari, kalian bisa mengembangkan sendiri dengan mencoba menambahkan jari dalam pemetikan senar. Hal ini bisa kalian lakukan setelah memahami cara kerja memetik pada gitar.

Mulai Menerapkan pada Kunci Dasar

Memetik Gitar pada Kunci Dasar
guitarhabits.com

Setelah mulai terbiasa dengan memetik menggunakan 2 jari, kalian bisa mempraktikkan hal tersebut dengan memainkan pada kunci-kunci dasar, seperti kunci C, D, E, F, G, dan A.

Untuk pola pemetikan, penulis pertama kali mencoba dengan hanya memetik senar yang sesuai dengan kunci dasar yang digunakan. Misalnya kita sedang memainkan kunci G, maka senar yang wajib dipetik adalah senar 1, senar 5, dan senar 6 (sesuai dengan kunci G).

Metode tersebut dapat kalian coba ke setiap kunci yang tengah kalian mainkan. Jika kalian merasa sudah mulai menikmati dari petikan gitar tersebut, kalian dapat mengembangkannya sesuai dengan keinginan kalian.

Praktikkan pada Sebuah Lagu

Ketika kalian sudah mulai terbiasa memetik dalam masing-masing kunci dasar, sekarang saatnya untuk kalian memetik gitar pada sebuah lagu yang kalian suka. Jika bisa, mainkanlah pada lagu yang mudah terlebih dahulu.

Jika dirasa lancar dan enak, kalian dapat melanjutkan pada lagu-lagu yang tingkat kesulitannya meningkat.

Lalu, lagu yang mudah itu seperti apa? Lagu yang mudah menurut penulis adalah lagu yang memiliki tempo yang lambat dan santai. Cobalah dengan memulai lagu yang sesuai dengan syarat ini terlebih dahulu.

Menurut pengalaman penulis, inti dari teknik memetik gitar ini sebenarnya mudah. Kalian hanya perlu memetik senar yang dirasa cocok dengan kunci yang tengah kalian mainkan. Nantinya, kalian akan menemukan pola kalian sendiri dalam memetik gitar.

Penulis pun melakukan hal yang sama, setelah sering berlatih dan memainkan petikan pada kunci dasar dan beberapa lagu yang mudah, penulis akhirnya mendapatkan pola yang dirasa sudah enak untuk dimainkan ketika memetik gitar.

Ingat! Jika kalian memang benar-benar ingin mahir, jangan pernah menyerah dan bosan untuk berlatih setiap hari.

Teknik Memetik Gitar Tahap Lanjut

Cara Memetik Gitar Expert
uberchord.com

Setelah kalian mulai mahir dengan menggunakan dua jari, yakni jempol dan telunjuk, sekarang kini saatnya kalian lanjut ke teknik yang lebih maju. Teknik ini bernama Teknik Finger Picking Strumming.

Teknik ini dilakukan dengan memetik senar gitar secara langsung dengan kelima jari kita. Cara memainkannya adalah dengna memadukan petikan senar bass line (senar 4,5 dan 6) dan senar trebell (senar 1,2, dan 3) dalam sebuah pola alunan.

Setiap jari tangan sudah memiliki posisi dan senarnya masing-masing, yaitu:

  • Jempol: Senar 5 dan Senar 6
  • Jari Telunjuk: Senar 4
  • Jari Tengah: Senar 3
  • Jari Manis: Senar 2
  • Jari Kelingking: Senar 1

Berikut beberapa pola petikan yang bisa kalian praktikkan pada teknik tingkat lanjut ini.

  • Pola 1: Petikan pada senar 6 – 3 – 2 – 1 – 5 – 3 – 2 – 1 – 4 – 3 – 2 – 1
  • Pola 2: Petikan pada senar 4 – 2 – 3 – 1 – 6 – 5 – 4
  • Pola 3: Petikan pada senar 2 – 1 – 5 – 3 – 2 – 4 – 6

Beberapa pola diatas hanyalah beberapa contoh yang bisa kalian gunakan dan mainkan. Namun, sebenarnya tidak hanya sebatas hal tersebut dalam pola pemetikan. Kalian pun bisa berimrovisasi ketika memetik gitar.

Cobalah untuk terus bereksperimen dalam memetik gitar. Hal ini untuk menemukan pola yang cocok untuk kalian mainkan. Tetap semangat dan tetap berlatih.

Belajar Fingerstyle Gitar

Setelah kita belajar dan memahami mengenai memetik gitar, rasanya nanggung jika kita tidak berbicara mengenai teknik fingerstyle pada gitar.

Teknik ini adalah teknik yang memadukan antara 3 teknik dasar dalam bermain gitar, yakni bass, rhytm, dan melodi. Dengan kombinasi antara beberapa teknik tersebut, muncullah harmonisasi yang indah ketika bermain gitar.

Teknik ini memang terlihat mirip dengan memetik gitar. Namun, ada beberapa perbedaan didalamnya. Hal ini karena dalam fingerstyle, kita juga dituntut untuk memainkan bass dan melodi yang tepat.

Teknik fingerstyle ini bukanlah teknik yang mudah untuk dikuasai. Kalian perlu untuk mengasah dan berlatih terus-menerus untuk menjadi mahir.

Sebelum kalian belajar mengenai fingerstyle ini, alangkah baiknya kalian sudah mengetahui terlebih dahulu mengenai dasar-dasar dari bermain gitar, seperti:

  • Mengenal kunci-kunci pada gitar;
  • Mampu memetik gitar dengan baik; dan
  • Paham mengenai melodi yang ada pada gitar.

Jika kalian telah mengetahui ketiga poin diatas, maka kalian bisa melanjutkan untuk memulai belajar fingerstyle gitar ini.

Dalam permainannya, teknik fingerstyle ini tidak berbeda dengan ketika kita bermain piano. Kita dituntut untuk memainkan suara Bass, Rhytm, dan Melodi dalam 1 harmonisasi yang enak.

Namun, jangan anggap hal ini mudah. Karena berbeda dengan piano, dalam fingerstyle gitar kalian hanya dapat menggunakan kelima jari saja untuk menghasilkan harmonsisasi yang enak tersebut.

Kerumitan dalam fingerstyle ini membutuhkan jari-jari yang lincah untuk loncat kesana-kemari dengan cepat dan tepat. Tidak berbeda dengan memetik gitar, berikut penempatan posisi jari ketika bermain fingerstyle.

  • Jempol: Senar 4, 5, dan 6 (bass line)
  • Jari Kelingking – Telunjuk: Senar 1,2, dan 3 (melodi line)

Dalam mempelajarinya, sama seperti teknik memetik gitar kalian tidak perlu langsung untuk memainkan semua jari tangan kalian. Mulailah dengan dua jari, yakni jempol dan telunjuk terlebih dahulu.

Langkah Belajar Fingerstyle pada Sebuah Lagu

Ada beberapa langkah yang bisa kalian ikuti jika kalian memang benar-benar ingin belajar fingerstyle. Berikut selengkapnya.

Pelajari Kunci atau Chord pada Lagu Tersebut

Tahap pertama yang perlu kalian ketahui jika ingin bermain fingerstyle pada sebuah lagu adalah paham terlebih dahulu mengenai kunci yang ada pada lagu tersebut. Mulai dari kunci pada intro, verse, chorus, melodi dan yang lainnya.

Hal ini karena kunci ini yang akan menjadi dasar dari bentuk variasi yang nanti kita akan lakukan.

Pelajari dan hafalkan kunci-kunci yang digunakan tersebut. Jika sudah paham, sebaiknya cobalah juga dengan memainkan tiap kord tersebut dengan teknik memetik pada gitar. Dengan belajar memetik ini, diharapkan jari kita takkan kaku ketika kita mengkombinasikan semua permainan tersebut.

Pelajari Nada Vokal

Setelah mengetahui kord atau kunci yang terdapat pada lagu tersebut, kalian lanjutkan untuk mempelajari nada vokal dari lagu tersebut. Hal ini karena nada tersebut nantinya akan kita konversikan menjadi sebuah alunan melodi. Hal ini penting jika kalian ingin menggunakan teknik fingerstyle.

Bagi pemula, memang menemukan nada pada vokal cukup menyulitkan pada awalnya. Hal ini dibutuhkan kepekaan terhadap sebuah nada. Teruslah berlatih dan jangan menyerah.

Pelajari Bass Line

Layaknya paduan suara, harmonisasi pada gitar pun akan kurang jika tidak dibarengi dengan suara bass dalam mengiringi sebuah melodi dan rhytm. Untuk penempatan bass, dasarnya kalian hanya perlu menempatan pada fret sesuai dengan kunci yang kita ketahui di poin pertama.

Setelah itu kalian variasikan sendiri pola yang sudah ada tersebut. Jika kalian sudah paham mengenai kord pada gitar, biasanya takkan sulit untuk menentukan pola pada bass.

Pada fingerstyle, yang perlu kalian perhatikan adalah harmonisasi antara perpaduan bass, melodi dan rhytm.

Untuk memahami teknik ini, kalian perlu untuk mengimbangi teori dengan praktik yang rutin. Hal ini agar kalian menjadi terbiasa dalam menemukan pola pada teknik fingerstyle ini.

Selain mencoba berlatih sendiri dengan langkah-langkah diatas, penulis juga menyarankan untuk sering-sering menonton video beberapa fingerstylist tersohor didunia. Dengan membuat mereka menjadi idola, siapa tau membuat kalian lebih semangat dalam belajar.

Salah satu fingerstylist yang bisa kalian contoh adalah Sunghajung pada kanal youtube-nya. Disana dia sering memainkan lagu yang sedang hits dengan menggunakan teknik fingerstyle.

Selain dia, masih ada banyak lagi yang bisa dijadikan panutan. Misalnya fingerstyle dari Indonesia, Jubing Kristianto yang tidak kalah kerennya dalam bermain fingerstyle.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara memetik gitar dan cara bermain fingerstyle. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat.

Jika dirasa artikel ini membantu kalian, dengan senang hati bisa kalian bagikan artikel ini kepada teman-teman kalian yang juga ingin tahu bagaimana cara memetik gitar dan teknik fingerstyle. Untuk artikel-artikel menarik lainnya seputaran music dan yang lain, kalian bisa kunjungi disini.

One Response

Leave a Reply