√ Cara Bermain Werewolf untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Cara Bermain Werewolf – Seperti kita ketahui, Werewolf merupakan seorang manusia yang akan berubah menjadi serigala dikala malam hari tiba. Dahulu, Werewolf ini menjadi suatu hal yang ditakutkan oleh masyarakat pada masa tersebut.

Ternyata, Werewolf bukan hanya sebuah legenda saja. Hingga saat ini Werewolf ternyata masih ada. Tapi, bukan sebagai makhluk yang menakutkan melainkan sebagai sebuah permainan kartu yang mengasyikkan.

Permainan ini berjenis multiplayer game atau party game, yakni dimainkan dengan banyak sekali orang sekaligus. Lebih banyak yang bermain dalam satu waktu, maka lebih seru dan menegangkan.

Pada kesempatan kali ini, Saya akan menjelaskan kepada Kamu semua hal tentang game Werewolf ini. Khususnya untuk kalian yang masih pemula (belum mengenal sedikitpun). Kita akan mulai dari latar belakang permainan, peraturan, role atau peran, dan juga bagaimana cara bermain permainan Werewolf yang benar. Nanti juga akan Saya sediakan sebuah simulasi bagaimana tepatnya permainan ini berlangsung.

Latar Belakang Permainan Werewolf

Latar Cerita Permainan Werewolf

sumber: ancient-origins.net

Permainan Werewolf ini merupakan game yang bertipe roleplay, dimana kita akan berperan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dan tugas yang berbeda pada masing-masing orang yang bermain.

Permainan ini bisa dibilang permainan psikologi, dimana kita harus memiliki sifat dan keahlian untuk menghasut, berbohong, dan juga untuk menjadi licik. Hal ini untuk menjaga peran kita dan berhasil menyelesaikan permainan dengan baik.

Untuk memainkannya, permainan ini tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Kamu hanya perlu sebuah kartu ataupun kertas yang nantinya berfungsi untuk membagikan peran masing-masing pemain ketika bermain.

Permainan ini dibagi menjadi 2 sisi, yakni Good Side yang diwakili oleh para Villager dan beberapa peran lain yang berfungsi membantu Villager dan Bad Side yang diwakili oleh para Werewolf.

Permainan Werewolf dapat dimainkan hingga skala besar, yakni 5-35 orang dalam satu permainannya. Makin banyak orang yang bermain, tentu akan makin lama permainan berlangsung. Namun, semakin mengasyikkan dan menegangkan.

Baca Juga: Cara Bermain UNO Stacko | Aturan , Penyusunan , dan Cara Main

Role atau Peran Pemain dalam Permainan Werewolf

Role Permainan Werewolf

Role Permainan Werewolf

Dalam Werewolf, setidak-tidaknya harus ada 5 orang dalam permainannya. 5 orang ini merupakan pemain utama yang perlu ada dalam permainan.

Selain 5 orang ini, bisa dikatakan peran pendukung. Namun, tidak kalah pentingnya dengan permainan Werewolf ini. Berikut selengkapnya.

A. Pemain Utama

Moderator

Moderator merupakan pemain yang mengatur jalannya permainan Werewolf ini. Hal ini dimulai dari pengaturan dalam fase waktu (siang dan malam) dan juga mengatur jalannya voting.

Peran ini butuh pemain yang sangat paham mengenai semua hal dalam permainan Werewolf dan juga perlu pandai dalam berkata-kata agar jalannya cerita tidak membosankan.

Moderator juga merupakan satu-satunya peran yang bersikap netral yang tidak boleh mendukung salah satu sisi saja. Satu hal yang penting untuk menjadi moderator adalah menjaga rahasia peran para pemain dari yang lain.

1. Good Side

Villager

Villager berperan sebagai warga biasa, yang tidak mengetahui siapa lawan dan kawannya. Tugas utama dari Villager adalah mengetahui dan mengeliminasi siapa Werewolf yang sebenarnya diantara kalian.

Seer

Seer berperan sebagai penerawang. Setiap malam, Seer dapat menerawang peran dari salah satu pemain. Tugas dari Seer adalah untuk menerawang pemain mana yang berperan sebagai Werewolf dan mencoba untuk mengeliminasi bersama dengan Villager lain yang tidak berdosa.

Guardian Angel atau Pelindung

Pelindung ini memiliki kekuatan untuk melindungi salah satu pemain dari serangan Werewolf ketika malam tiba.

Drunkman (Opsional)

Peran Drunkman ini sebenarnya tidak terlalu diharuskan untuk ada. Namun, jika pemain masih tersedia tidak masalah untuk menambahkan peran ini kedalam permainan.

Drunkman ini merupakan seorang pemabuk. Jika Werewolf menyerang Drunkman pada malam hari, maka Werewolf tidak dapat menyerang ketika malam selanjutnya tiba.

2. Bad Side

Werewolf

Werewolf merupakan seorang serigala yang selalu lapar ketika malam hari. Setiap malamnya, Werewolf ini akan menyerang salah satu pemain dan mengeliminasinya. Peran Werewolf ini dapat dilakukan oleh 2-3 pemain dilihat dari jumlah pemain yang ikut dalam alur permainan ini.

Jika terdapat lebih dari satu, maka setiap Werewolf akan mengetahui siapa Werewolf yang lainnya dan berkomplot untuk memenangkan permainan.

Sorcerer

Peran ini merupakan seorang penyihir jahat, yang hanya dapat menerawang Werewolf dan Seer saja. Dia bekerja sama dengan Werewolf untuk mengeliminasi Seer.

B. Pemain Tambahan

1. Good Side

Prince atau Pangeran

Villager ini merupakan peran yang tak bisa dieliminasi dalam proses voting yang pertama. Jika voting yang kedua dilakukan, maka peran ini akan tetap tereliminasi.

Kepala Desa atau Mayor

Peran dari kepala desa ini terletak dalam proses voting. Hal ini karena suara yang dipilih oleh kepala desa akan dihitung 2 suara.

Priest

Peran ini dapat menyelamatkan 1 orang warga ketika orang tersebut hendak dieliminasi dalam proses voting.

Mason

Mason merupakan organisasi warga desa yang beraktivitas setiap malamnya. Dapat mengetahui siapa saja warga desa yang ada dalam organisasi ini, namun tidak memiliki keahlian khusus lain.

Apprentice Seer

Peran ini bisa dibilang sebagai penerus dari Seer. Apabila Seer mati entah karena eliminasi atau dibunuh Werewolf, maka Apprentice Seer ini menjadi Seer selanjutnya dan memiliki kemampuan Seer untuk menerawang.

Spellcaster

Warga desa yang memiliki kemampuan untuk membungkam 1 warga desa untuk berbicara dan berdiskusi di siang hari. Namun, warga tersebut masih bisa mengikuti proses voting.

Beholder

Seorang warga yang menjadi juru bicara dari Seer. Peran ini dapat berfungsi menjadi tumbal untuk mengalihkan Werewolf dari membunuh Seer yang asli.

Detektif

Tidak berbeda jauh dengan Seer, detektif dapat mengetahui peran dari salah seorang warga desa. Namun, dapat ketahuan ketika ia menyelidiki tentang Werewolf.

Harlot

Warga yang bermain cinta setiap malamnya. Ia dapat mendatangi rumah warga desa untuk berkencan dengan dia. Jika masih hidup, maka warga yang menjadi teman kencannya bukanlah orang yang berbahaya.

Traitor

Seorang warga biasa yang dapat berubah menjadi serigala ketika semua Werewolf telah mati.

Cursed

Warga desa yang dikutuk. Jika Werewolf memakan dia, maka dia bukan mati tapi berubah menjadi seorang Werewolf juga.

Wild Child

Pada awal permainan, peran ini akan memilih seorang panutan. Jika panutan ini mati, maka peran ini akan berubah menjadi seorang Werewolf.

Doppelganger

Diawal permainan, peran ini akan memilih seseorang yang akan diambil perannya. Jika orang yang dipilih oleh dia mati, maka ia akan mewarisi kekuatannya.

Gunner

Seorang penembak jitu yang memiliki 2 peluru. Ia dapat menembak siapapun. Namun, jika ia menembak maka semua orang akan mengetahui perannya termasuk Werewolf.

Hunter

Seorang pemburu. Jika peran ini menemui ajalnya, maka ia bisa menembakkan peluru terakhir kepada siapapun. Peran ini dapat dibilang mengajak seseorang untuk mati bersama ketika dibunuh.

Cupid

Peran ini dapat menjodohkan dua pemain sebagai sepasang kekasih sehidup semati. Jika yang satu mati, maka pasangannya akan menyusul dalam kematian juga.

Cultist Hunter

Memiliki tugas untuk membasmi orang yang sesat. Setiap malam peran ini akan mendatangi rumah warga desa yang dicurigai oleh dia seorang yang sesat (cultist). Jika warga tersebut memang terbukti sesat ketika didatangi, maka warga tersebut akan tereliminasi.

2. Bad Side

Cultist

Pemuja hal yang sesat (kerang ajaib). Setiap malam ia akan datang ke rumah warga untuk merekrut anggota sektenya. Apabila di akhir permainan semua menjadi anggota sektenya, maka cultist ini akan menang.

Tanner

Warga yang biasanya mencari gara-gara. Jika peran ini di eliminasi oleh warga, maka dia akan menang. Hal ini karena tujuan si pembuat onar ini memang di eliminasi.

Serial Killer

Seorang pembunuh berantai yang dapat membunuh siapapun bahkan Werewolf. Peran ini akan menang jika ia bertahan hingga akhir permainan.

Alur Cerita Game Werewolf

Alur Permainan Werewolf

sumber: kotaku.com.au

Alur cerita dalam permainan Werewolf akan dipimpin oleh seorang moderator. Latar cerita dari permainan Werewolf ini berada di sebuah desa yang dihuni oleh beberapa warga. Namun, beberapa warga yang ada di desa tersebut ternyata samaran dari seorang Werewolf yang setiap malamnya akan berburu mangsa.

Permainan Werewolf dapat berakhir dengan 2 ending yakni Werewolf berhasil membunuh semua warga desa atau semua Werewolf dibunuh oleh warga desa.

Pada permainan ini, cerita terdiri dari 2 fase waktu, yakni siang dan malam. Pada waktu siang, para warga desa (termasuk Werewolf) dapat mendiskusikan pemain mana yang akan dibunuh karena dicurigai merupakan seorang Werewolf.

Sedangkan pada waktu malam hari, Werewolf dapat beraksi untuk memburu mangsanya. Seiring perkembangan permainan Werewolf, beberapa peran yang memiliki keahlian khusus pun akan menggunakan kemampuannya di malam hari. Namun, hal itu terjadi setelah Werewolf menentukan sasarannya.

Baca Juga: Cara Bermain Bridge | Panduan, Aturan, dan Strategi (Lengkap)

Peraturan Permainan Werewolf

Peraturan Permainan Werewolf

sumber: youthmanual.com

Terdapat beberapa peraturan yang perlu dipatuhi dalam permainan ini, yakni sebagai berikut:

  1. Jangan sekali-kali untuk membongkar peran kamu kepada pemain lain. (Kecuali untuk menyesatkan musuh)
  2. Ketika waktu malam tiba, semua pemain wajib untuk menutup matanya masing-masing kecuali pemain-pemain yang diperintahkan oleh moderator.
  3. Ketika waktu siang, moderator akan memberikan waktu 5 menit untuk semua warga berdiskusi sebelum dimulainya proses voting eliminasi pemain.
  4. Setelah waktu selesai, voting dilakukan dalam 2 tahap. Tahap tersebut adalah initial vote dan final vote.
  5. Pemain yang mendapatkan suara terbanyak berhak untuk melakukan pembelaan sebelum final vote dilakukan.

Simulasi Cara Bermain Permainan Werewolf

Simulasi Bermain Werewolf

sumber: youtube.com

Dalam simulasi kali ini, Saya akan memberikan contoh ketika permainan ini dilakukan oleh 6 orang dengan salah satunya merupakan moderator.

Di awal permainan, moderator akan memilih beberapa kartu peran yang akan ada dalam permainan. Komposisi jumlah peran dapat disesuaikan oleh moderator. Biasanya, jumlah Werewolf untuk 12 orang pemain adalah 2 orang. Sedangkan untuk 32 orang pemain, jumlah Werewolf adalah 3 orang.

Catatan untuk moderator: Peran Werewolf, Seer, dan Guardian merupakan peran yang wajib ada dalam permainan. Untuk peran sisanya, dapat disesuaikan tergantung pertimbangan dari moderatornya sendiri.

Setelah kartu dipilih oleh moderator, maka kartu dibagikan kepada masing-masing pemain. Kartu tersebut tidak boleh dibagikan atau diberitahukan kepada pemain lainnya.

Setelah dilakukan, akhirnya mendapatkan beberapa peran sebagai berikut:

  • 1 pemain sebagai Werewolf (anggaplah si A)
  • 1 pemain sebagai Seer (anggaplah si B)
  • 1 pemain sebagai Guardian (anggaplah si C)
  • 2 pemain sebagai warga desa (anggaplah si D dan E)

Lalu, permainan pun dapat dimulai.

Malam ke-1

Setiap malam, semua pemain wajib untuk menutup mata kecuali orang yang dipanggil oleh moderator.

Pada malam ke-1 ini, moderator akan memanggil setiap pemain untuk dicatat nama dan perannya. Hanya yang dipanggil saja yang boleh membuka mata dan mengangkat tangannya. Setelah moderator mencatat, maka pemain dapat menutup mata kembali.

Contoh:

Moderator : “Werewolf, bangun!”

Pemain A : (Membuka mata dan mengangkat tangannya, kemudian menutup mata kembali)

Moderator : “Seer, bangun!”

Pemain B : (Membuka mata dan mengangkat tangannya, kemudian menutup mata kembali)

Moderator : “Guardian, bangun!”

Pemain C : (Membuka mata dan mengangkat tangannya, kemudian menutup mata kembali)

(dan Seterusnya sampai semua pemain dipanggil)

Siang ke-1

(Moderator memberikan waktu 30 detik pada masing-masing pemain untuk menjelaskan karakternya masing-masing. Pada saat ini, Kamu diijinkan untuk berbohong ataupun jujur. Terserah Kamu.

Jika semua pemain sudah menjelaskan peran mereka masing-masing, maka moderator melanjutkan dengan memberikan waktu 5 menit untuk semua pemain menggali informasi pada setiap pemain. Jika sudah selesai, moderator dapat bertanya mengenai proses eksekusi apakah akan dilakukan atau tidak.

Jika para pemain masih bingung, maka pengajuan pemilihan pertama dapat dilaksanakan pada waktu berikutnya.

Diskusi selesai, tidak ada voting, lanjut ke waktu berikutnya.

Malam ke-2

(Moderator akan membangunkan pemain-pemain yang memiliki kemampuan. Bagi yang tidak, maka tetap menutup mata hingga dibangunkan.)

Moderator : “Seer, bangun dan pilih salah satu pemain yang ingin Kamu terawang.”

Pemain B : (Menunjuk pemain E)

Moderator : Moderator membalas dengan huruf V (kode untuk Villager).

Selesai menjawab, moderator memerintahkan untuk pemain B menutup mata kembali.

Moderator : “Guardian, bangun dan pilih seseorang yang Kamu akan lindungi.”

Pemain C : (Menunjuk pemain D dan menutup matanya kembali)

Moderator : “Werewolf, bangun dan pilih salah satu pemain yang ingin Kamu mangsa.

Pemain A : (Menunjuk pemain E dan menutup matanya)

Moderator : Dan malam pun berakhir.

Siang ke-2

Moderator mengumumkan kejadian malam sebelumnya.

Moderator : “Seer belum menemukan Werewolf, Guardian gagal melindungi orang yang tepat, dan Werewolf berhasil memangsa seorang pemain. Pemain E harap berdiri, Kamu telah di mangsa oleh Werewolf.

(Pemain E keluar dari permainan tanpa memberitahu apa kartunya kepada pemain lain)

Setelah pengumuman tersebut, diberikan waktu 5 menit untuk mendiskusikan mengenai kejadian pada malam sebelumnya.

(5 menit selesai)

Moderator : “Apakah akan diadakan vote pada hari ini?”

Semua pemain : “Ya!”

Initial Vote :

Masing-masing pemain akan menunjuk dan memberikan argumen mengenai salah satu pemain yang dicurigai sebagai Werewolf. Dua pemain dengan suara terbanyak berhak untuk melakukan pembelaan sebelum dipilih pada babak Final Vote.

Final Vote :

Pemain yang paling banyak di vote ketika babak Final Vote berhak menyampaikan pesan terakhir sebelum keluar dari permainan. Pemain ini masih harus menyembunyikan perannya.

(dan seterusnya hingga permainan mencapai kesimpulan)

Inti dalam permainan ini adalah bagaimana caranya untuk meyakinkan pemain lain agar mampu mengikuti dan mempercayai apa yang Kita ucapkan.

Jika sebagai Werewolf, maka Kamu harus meyakinkan pemain lain bahwa Kamu bukanlah Werewolf sehingga Kamu dapat aman untuk memangsa semua pemain.

Jika Kamu berperan sebagai Seer, maka Kamu harus meyakinkan pemain lain untuk mempercayai Kamu tanpa membongkar identitas Kamu sendiri, takutnya di malam selanjutnya akan di mangsa oleh Werewolf. Begitu seterusnya.

Jika Kamu masih bingung, Kamu dapat menonton video tutorial cara bermain Werewolf dari Bang Raditya Dika ini.

Cara Bermain Werewolf Online

Seiring perkembangan zaman, tentu teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dari permainan kartu atau board game sejenis Werewolf Party Game ini. Jika Kamu sedang ingin bermain game ini, tapi terkendala karena jarak antar teman Kamu yang jauh, ada beberapa cara agar Kalian masih dapat memainkan permainan ini hanya melalui aplikasi Chat Messenger seperti Line dan Telegram.

Berikut masing-masing caranya.

Cara Bermain Werewolf di Telegram

Untuk memainkan Werewolf di Telegram, pertama Kamu harus membuat sebuah Grup Chat dengan mengundang teman-teman Kamu kedalamnya. Kemudian tambahkan juga akun @werewolfbot kedalam Grup Chat itu.

Masing-masing pemain yang ingin bermain haruslah mengirimkan pesan ke @werewolfbot secara privat (PM) dengan mengetikkan “/start

Nantinya, peran Kamu akan diberikan oleh bot yang juga sebagai moderator dalam permainan ini.

Untuk instruksi-instruksi selanjutnya mengenai peran Kamu nantinya, Kamu akan dikirimkan pesan langsung secara pribadi oleh bot dari permainan Werewolf ini.

Permainan akan secara otomatis dimulai ketika salah satu pemain mengetikkan “/startgame” di Grup Chat yang sudah dibuat.

Bot dalam Telegram Messenger ini dapat mengakomodasi mulai dari 5 hingga 35 pemain dalam satu permainannya. Adapun peran, disediakan hingga 17 peran untuk masing-masing pemain yang dibagikan sesuai dengan jumlah pemain yang berpartisipasi.

Untuk cara bermainnya, tidak berbeda jauh dengan permainan Werewolf secara offline. Untuk panduan lebih lengkapnya Kamu dapat mengakses tgwerewolf.com.

Cara Bermain Werewolf di Line

Untuk memainkan Werewolf di aplikasi Line, sebenarnya tidak berbeda jauh dengan yang ada pada aplikasi Telegram. Faktor pembeda hanya ada pada aplikasi Chat Messenger yang Kita gunakan.

Untuk memainkan permainan ini di Line, pastikan Kamu add terlebih dahulu akun bot dari permainan Werewolf di Manusia Serigala atau Manusia Serigala 2 melalui aplikasi Line Messenger, bukan Line Lite atau Line PC.

Jika sudah, buat Grup Chat di Line bersama teman Kamu dan masukkan juga akun bot dari permainan Werewolf ini. Untuk mengetahui peraturan permainan, Kamu dapat mengetikkan “/help“. Adapun jika akan memulai permainan Kamu perlu mengetikkan “/create” dan tambahkan teman-teman Kamu kedalamnya.

Untuk cara permainannya, tidak jauh berbeda dengan permainan Werewolf pada umumnya. Bedanya, Kamu akan dikirimkan pesan secara personal oleh bot Werewolf untuk mengetahui peran Kamu dalam permainan.

Cara Bermain Werewolf di Whatsapp

Berhubung pada aplikasi Whatsapp tidak ada akun bot seperti pada aplikasi Telegram dan Line, maka permainan semua tetap dikendalikan oleh pemain.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan seorang moderator diantara Kamu dan teman Kamu. Jika sudah, maka lanjutkan dengan mengacak peran masing-masing pemain. Untuk peran, sebenarnya bisa ditentukan secara acak oleh Moderator dengan mengirimkan pesan pada masing-masing pemain mengenai peran mereka.

Jika semua sudah memiliki peran, maka silahkan mulai permainan seperti biasanya. Hal yang berbeda dengan permainan Werewolf biasa hanya ada pada jenis komunikasi yang menggunakan Chat sebagai medianya.

Memang terbilang sulit untuk memainkan Werewolf di Whatsapp, hal ini karena salah satu diantara Kalian harus siap Chat bolak-balik pada masing-masing pemain (orang yang menjadi moderator). Jika memang hendak memainkan permainan ini, Saya sarankan dilakukan pada aplikasi Line atau Telegram saja.

Demikianlah artikel mengenai cara bermain Werewolf baik secara online maupun offline. Mudah-mudahan dapat menjadi panduan yang dapat mencerahkan Kamu dalam memainkan Werewolf lebih baik lagi.

Jika Kamu memiliki beberapa pertanyaan mengenai permainan Werewolf, jangan malu-malu untuk menanyakannya di kolom komentar. Apabila artikel ini menarik, jangan ragu-ragu untuk membagikannya kepada teman-teman Kamu.

Terima Kasih dan Sampai Jumpa di Artikel Selanjutnya.

Leave a Reply