Cara Bermain UNO Stacko | Aturan , Penyusunan , dan Cara Main

Apakah Kamu bingung bagaimana cara bermain UNO Stacko? Jika iya, maka Kamu berada di tempat yang tepat sekarang. Seperti kita ketahui, bahwa UNO Stacko adalah sebuah permainan hasil kombinasi dari permainan Jenga dan permainan Kartu UNO.

Salah satu keseruan yang didapat dalam permainan UNO Stacko ini adalah rasa deg-degan ketika balok yang akan kita ambil menyebabkan susunan balok goyah dan akan runtuh. Tentunya hal ini pasti pernah dirasakan oleh para pemain yang sudah memainkannya sebelumnya.

Nah, bagi Kamu yang merasa masih pemula dalam game UNO Stacko ini, Kami akan kasih tahu Kamu bagaimana cara bermain UNO Stacko yang benar. Yuk langsung Kita simak saja dibawah ini.

Jenis Jenis Balok UNO Stacko

Jenis Balok UNO Stacko

welanclive.blogspot.com

Tidak berbeda dengan permainan UNO dalam kartu, UNO Stacko juga memiliki beberapa tanda atau simbol yang berada pada masing-masing balok. Berikut beberapa jenis balok yang ada pada UNO Stacko:

  • Balok Angka, balok yang memiliki angka pada masing-masing sisinya. Angka pada balok UNO Stacko ini dimulai dari angka 1 hingga 4. Angka-angka tersebut terdapat pada 4 warna yang berada di permainan UNO Stacko, yakni biru, kuning, merah, dan hijau.
  • Turn Around atau Reverse Block, balok yang memiliki simbol dua panah yang saling berlawanan arah. Hal ini menandakan bahwa giliran pemain akan diputar balik.
  • Draw 2 Block, balok dengan lambang dua kotak pada tiap sisinya. Hal ini menandakan bahwa pemain selanjutnya harus mengambil 2 balok dengan warna yang sama pada balok draw 2 block ini.
  • Skip Block, balok dengan lambang lingkaran yang dicoret pada tiap sisinya. Hal ini berarti bahwa pemain selanjutnya tidak akan mendapatkan giliran atau dilewati dalam satu giliran tersebut.
  • Wild Block, balok dengan warna ungu ini dapat diambil kapan saja oleh para pemain. Nantinya, orang yang mengambil balok ungu ini akan menentukan warna apa yang perlu diambil oleh pemain selanjutnya.

Cara Menyusun UNO Stacko

Cara Menyusun UNO Stacko

sumber: minumkopi.com

Untuk mengawali permainan UNO Stacko ini, Kamu perlu menyusun terlebih dahulu balok-balok yang ada menjadi sebuah menara atau tower. Cara penyusunannya, Kamu bariskan 3 balok pada masing-masing tingkatan atau level. Susunan balok dilakukan secara menyilang antara baris satu dan selanjutnya, begitu seterusnya.

Berikut contoh susunan menaranya.

Cara Bermain UNO Stacko

Cara Main UNO Stacko

sumber: olx.co.id

Setelah siap dengan tahu mengenai susunan dan jenis balok dari UNO Stacko ini, maka kita siap untuk mengetahui bagaimana cara bermain UNO Stacko yang baik dan benar sesuai SNI.

Oh iya, perlu diingat oleh Kamu bahwa cara bermain UNO Stacko dan Jenga tidak terlalu berbeda. Prinsipnya adalah dengan mengambil balok yang telah disusun menjadi menara tersebut tanpa membuat menara yang ada itu roboh atau runtuh.

Selain itu, UNO Stacko saat ini terbagi menjadi 2 dalam jenisnya. Pertama, Kamu tidak perlu dadu dalam permainannya. Kedua, Kamu perlu dadu untuk menentukan balok mana yang perlu diambil. Perbedaan yang jelas antara kedua jenis UNO Stacko ini adalah pada simbol tiap baloknya.

UNO Stacko yang Kami jelaskan diawal diperuntukkan untuk UNO Stacko tanpa dadu. Adapun untuk penggunaan dadu, UNO Stacko tersebut hanya memiliki angka mulai dari 1 hingga 54 tanpa simbol didalamnya.

Untuk lebih jelas bagaimana cara bermain permainan ini, berikut Kami berikan selengkapnya untuk Kamu.

Cara Bermain UNO Stacko tanpa Dadu

Setelah menyusun balok menjadi menara, itu tandanya permainan sudah dapat dimulai. Berikut beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan dalam cara bermain UNO Stacko ini.

  1. UNO Stacko ini dapat dimainkan oleh 2 hingga 10 pemain. Jadi, jika Kamu memiliki teman yang cukup banyak, permainan ini dapat menjadi salah satu rekomendasi yang dapat Kalian mainkan.
  2. Pemain pertama harus mengambil balok pada bagian bawah ataupun tengah.
  3. Setelah balok tersebut diambil, maka pemain tersebut harus menyimpan balok tersebut di bagian atas menara kembali.
  4. Pemain berikutnya harus mengambil balok dengan warna ataupun angka yang sama dengan yang diambil oleh pemain sebelumnya.
  5. Permainan terus berlanjut hingga salah satu pemain merobohkan atau meruntuhkan menara UNO Stacko.

Cara Bermain UNO Stacko dengan Dadu

UNO Stacko dengan dadu ini sebenarnya lebih cenderung ke permainan Jenga pada umumnya. Dimana kita hanya mengambil balok sesuai dengan angka yang keluar dari dadu. Biasanya UNO Stacko yang menggunakan dadu ini terbuat dari kayu.

Untuk cara bermain, secara garis besar mirip dengan UNO Stacko tanpa dadu. Bedanya, hanya dari balok mana yang perlu diambil. Pada penggunaan dadu, maka balok yang diambil adalah sesuai hasil dari 4 dadu yang kita lemparkan.

Adapun untuk tanda matematika yang digunakan ( + , – , x , dan : ) untuk menghasilkan angka yang digunakan, hal itu tergantung pada kesepakatakan semua pemain. Entah itu hanya menggunakan tanda tambah ( + ) saja untuk hasil dadunya, ataupun boleh menggunakan tanda lainnya.

Untuk hal ini, Kamu yang menentukan.

Dengan bermain UNO Stacko dengan dadu ini, maka secara tidak langsung Kamu belajar matematika secara fun. Tak ada salahnya kan untuk dicoba?

Aturan dalam Permainan UNO Stacko

Agar permainan menjadi seru, tentunya perlu diadakan aturan yang membuat permainan menjadi lebih menegangkan. Rules ini sebenarnya bisa Kamu buat sendiri tergantung kesepakatan bersama. Berikut beberapa aturan yang biasa digunakan dalam permainan UNO Stacko ini.

  • Pemain yang mengambil balok hanya diperbolehkan menggunakan satu tangan saja. (Bahkan, ada aturan yang hanya memperbolehkan menggunakan dua jari saja)
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika balok-balok unik (yakni bersimbol) digunakan oleh pemain lain, maka pemain selanjutnya wajib untuk mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing simbol.
  • Balok yang diijinkan diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bawah, balok pada level 1,2, dan 3 pada bagian atas tidak diijinkan untuk diambil.
  • Balok pertama yang diambil oleh pemain awal harus balok yang mengandung angka (dilarang keras mengambil balok bersimbol).
  • Pemain yang meruntuhkan susunan menara diharuskan menyusun dan menata kembali menara agar dapat dimainkan kembali.

Tips Memenangkan Permainan UNO Stacko

Menang UNO

Ada beberapa tips yang bisa Kami bagikan untuk Kamu, setidaknya menghindari Kamu untuk secara mudah meruntuhkan menara UNO Stacko. Berikut beberapa tips untuk Kamu.

  • Usahakan Kamu mengambil balok yang berada pada posisi aman, yakni susunan pada level tersebut dalam keadaan utuh.
  • Jika memang sudah tak ada pilihan, maka sisakan balok pada bagian tengah level yang akan Kamu ambil.
  • Pastikan bahwa tangan Kamu tidak terlalu banyak membuang gerakan yang sia-sia. Hal ini dikhawatirkan akan menyentuh dan menyenggol menara secara tidak langsung.
  • Pastikan terlebih dahulu balok yang akan Kamu ambil dalam keadaan stabil.
  • Jika merasa yakin, sulitkan pemain lawan dengan mengambil balok yang dapat membuat menara menjadi tidak stabil. Hal ini akan mempercepat pemain lawan untuk merobohkan menara.
  • Jika Kamu memainkan UNO Stacko tanpa dadu, maka perhatikan warna dan simbol yang ada pada tiap balok. Hal ini bisa saja menjadi salah satu alasan yang membuat Kamu menang.

Untuk memainkan UNO Stacko ini, fokus yang kuat sangat diperlukan oleh para pemain. Hal ini untuk mencegah gerakan yang tiba-tiba ketika mengambil balok, yang akan mengakibatkan runtuhnya menara UNO.

Manfaat Bermain UNO Stacko

Manfaat UNO Stacko

sumber: youtube.com

Sebelum Kami akhiri, berikut beberapa manfaat yang Kamu dapatkan jika Kamu bermain UNO Stacko ini.

  1. Mampu meningkatkan dan mendorong kemampuan kognitif pada pemainnya. Dengan bermain UNO Stacko, maka kemampuan mengingat dan memahami sesuatu akan lebih terasah.
  2. Mampu menunjang kemampuan motorik para pemainnya. Hal ini akan membuat Kita mampu untuk mengatur dan mengkoordinasi tubuh secara optimal. Khususnya pada bagian tangan dan otak, dimana kedua bagian ini sangat berperan dalam permainannya.
  3. Tak hanya itu, logika Kita dalam berpikir pun akan meningkat dengan memainkan permainan ini.
  4. Selain untuk pribadi, manfaat lainnya adalah jalinan persahabatan antar teman yang akan kian melekat dengan seringnya bermain UNO Stacko bersama-sama.
  5. Lalu, UNO Stacko juga dapat mendorong kreativitas seseorang.
  6. Terakhir, UNO Stacko mampu melatih kemampuan visual kita dalam menangkap bentuk dan warna objek.

Permainan UNO Stacko ini juga dapat digunakan sebagai permainan alternatif bagi anak-anak untuk mengurangi kadar permainan mereka dengan gawai atau gadget. Orang tua pun dapat ikut bermain bersama pada permainan ini.


Sekian yang bisa Kami bahas mengenai cara bermain UNO Stacko atau Jenga ini. Terima kasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat. Bagikan bacaan ini kepada rekan-rekan Kamu apabila dirasa bermanfaat untuk Mereka.

Jangan Lupa BACA Hari Ini…

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: