7+ Contoh Permainan Bola Kecil (Lengkap dengan Gambar dan Penjelasan)

Permainan Bola Kecil – Banyak sekali jenis olahraga yang bisa dimainkan oleh kita. Sebagian dari olahraga tersebut membutuhkan perlengkapan lain untuk digunakan dalam permainan. Beberapa olaharaga sangat membutuhkan bola untuk memainkan / mempertandingkan olahraga tersebut. Ada yang menggunakan bola besar dan ada juga yang menggunakan bola kecil.

Berikut kami ulas beberapa diantara olahraga yang menggunakan bola kecil dalam permainannya.

1. Badminton

Teknik Dasar Bulu Tangkis

brasil2016.gov.br

Cabang olahraga permainan bola kecil yang pertama kita ulas adalah badminton atau bulu tangkis. Permainan ini dapat dilakukan oleh dua orang atau dua pasangan yang masing-masing terdiri dari dua orang (jumlah 4 orang).

Mengenai sejarah badminton, ada perbedaan pendapat. Sebagian berpendapat bahwa badminton sudah dimainkan sejak 2000 tahun yang lalu di Mesir Kuno. Sebagian lain mengatakan bahwa permainan bulu tangkis ini berasal dari India dengan nama Poona, sebagian lagi mengungkapkan bahwa Tiongkok jadi asal-muasal permainan ini.

Permainan badminton memiliki tujuan untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan menjatuhkan shuttlecock / kok menuju lapangan lawan. Pemain yang pertama mendapatkan poin 21 adalah pemain yang menang dari permainan tersebut. Dalam satu pertandingan, memiliki 3 babak untuk menentukan pemenang dari pertandingan tersebut.

Adapun untuk lapangan permainan bulu tangkis, pemain bermain pada bidang persegi panjang, yang menggunakan jaring untuk membatasi wilayah antar dua orang / dua kelompok pemain ditengah-tengah lapangan.

Perlengkapan utama yang perlu dimiliki adalah raket dan shuttlecock / kok.

2. Tenis

Permainan Bola Kecil, Tenis

pixabay.com

Setelah permainan bulu tangkis, permainan bola kecil selanjutnya adalah tenis lapangan. Untuk permainannya, tenis ini tidak jauh berbeda dengan bulu tangkis. Hanya saja, bola yang digunakan berbeda. Jika bulu tangkis menggunakan shuttlecock / kok yang terbuat dari bulu angsa sebagai bolanya, tenis ini menggunakan bola berukuran kecil yang terbuat dari karet keras berisi angin serta dapat memantul apabila dipukulkan ke lapangan menggunakan raket.

Permainan ini dimainkan di sebuah lapangan terbuka, yang ditengah lapang memiliki jaring atau net sebagai pembatas antar kedua wilayah pemain yang bertanding. Tujuan dari permainan ini adalah mendapatkan poin dari lawan, dengan mengarahkan bola ke daerah yang tak dapat dijangkau oleh musuh.

Permainan ini terdiri dari 3 set hingga 5 set. Hal ini tergantung dari turnamen yang diikuti.

Tenis menjadi salah satu permainan yang tidak dapat dimainkan di sembarang tempat. Perlu lapangan khusus tenis untuk memainkan olahraga ini. Perlengkapan penting yang perlu dimiliki adalah raket dan bola khusus untuk tenis.

3. Tenis Meja / Pingpong

Permainan Bola Kecil, Pingpong

pixabay.com

Setelah tenis lapangan, selanjutnya kita beralih pada tenis meja. Tenis meja menjadi salah satu permainan yang menggunakan bola kecil untuk memainkannya.

Tenis meja dimainkan diatas sebuah meja yang ditengahnya terdapat jaring atau net yang membatasi area masing-masing pemain. Dalam satu pertandingan, tenis meja ini terdiri dari 3,5,7, hingga 9 set. Dalam satu set, pemenang adalah pemain yang mencetak poin 11 terlebih dahulu.

Tenis meja juga biasa disebut dengan nama pingpong. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah raket pingpong (biasa disebut bat) dan bola pingpong.

4. Golf

Permainan Bola Kecil, Golf

pixabay.com

Olahraga selanjutnya yang termasuk pada permainan bola kecil adalah golf. Golf adalah salah satu olahraga yang terbilang mewah. Hal ini karena golf tak bisa dimainkan di sembarang tempat.

Cara bermain dari golf ini adalah dengan memasukkan sebuah bola menuju lubang yang sudah ditentukan. Pemenang dari permainan golf ini adalah orang atau tim yang memasukkan bola dengan pukulan yang paling sedikit.

Perlengkapan untuk memainkan golf ini adalah klab atau stik golf dan juga bola golf.

Permainan golf menjadi salah satu olahraga yang tidak memiliki ukuran standar dalam lapangan permainannya. Hal ini karena golf biasa dimainkan di lapangan rumput yang luas, yang masing-masing tempat permainan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

5. Softball

Permainan Bola Kecil, Softball

pixabay.com

Permainan softball adalah merupakan olahraga yang menggunakan bola, sarung tangan, dan pemukul. Softball dimainkan di lapangan terbuka, dengan menggunakan helm, pelindung, dan juga seragam dalam suatu pertandingan.

Softball dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim terdiri dari 9 orang dalam satu pertandingan. Sisa pemain menjadi cadangan. Untuk 1 pertandingan, softball terdiri dari 9 inning.

Dalam setiap inning, akan ada tim yang berperan sebagai pemukul bola dan juga tim lain yang melempar bola. Dalam softball, tim yang memukul bola adalah tim yang berada pada posisi menyerang. Adapun yang melempar bola merupakan salah satu pemain dari tim yang bertahan.

Jika tim menyerang mampu memukul bola yang dilempar, maka ia berhak untuk berlari menuju base untuk mendapatkan poin. Tim yang memukul tersebut diberikan kesempatan hingga 3 kali out sebelum terjadi perpindahan posisi menyerang dan bertahan.

Durasi paling lama dalam 1 pertandingan adalah 2 jam. Apabila kedua tim mencetak skor yang sama, maka akan dilanjutkan dengan tambahan inning hingga salah satu tim menang.

6. Baseball

Permainan Bola Kecil, Baseball

pixabay.com

Permainan selanjutnya adalah Baseball atau Bisbol. Aturan dan cara bermain permainan ini tidak berbeda jauh dengan permainan softball. Hal yang paling membedakan antar kedua olahraga ini ada pada ukuran bola yang digunakan.

Bola yang digunakan oleh olahraga baseball lebih kecil daripada permainan softball.

Dalam satu pertandingan, baseball terdiri dari 9 inning. Tiap inning kedua tim berperan sebagai penyerang dan bertahan. Perpindahan posisi ini akan terjadi ketika tim yang bertahan mampu mengeluarkan 3 pemain dari tim yang menyerang.

Pengeluaran pemain yang menyebabkkan pergantian posisi menyerang dan bertahan pada baseball terjadi karena:

  • Bola yang dipukul oleh tim penyerang dapat langsung ditangkap oleh pemain bertahan sebelum bola jatuh menuju lapangan.
  • Pemain bertahan menyentuhkan bola yang diambilnya pada pemain menyerang sebelum pemain tersebut menuju base.
  • Pemukul tidak mampu memukul bola yang dilempar sebanyak 3 kali.

7. Billiard

Permainan Bola Kecil, Billiard

pixabay.com

Permainan bola kecil selanjutnya adalah biliar. Billiard merupakan permainan yang bertujuan untuk memasukkan bola yang tersedia di meja pada lubang yang ada. Untuk memasukkan bola tersebut, kita menggunakan tongkat sebagai alat pemukulnya.

Ada dua jenis permainan yang umumnya digunakan pada pertandingan secara resmi. Berikut kedua jenis permainan billiard tersebut.

a. Permainan 8 Bola (8 Ball)

Permainan 8 Bola

pixabay.com

Jumlah bola yang digunakan pada permainan billiar jenis ini adalah 15 bola. Pemain dalam permainan ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni pemain satu harus memukul bola dengan nomor 1-7 secara berurutan dan pemain kedua harus memukul bola dengan nomor 9-15 secara berurutan.

Jika pemain telah berhasil memasukkan ketujuh bola tersebut, maka pemain tersebut baru boleh memasukkan bola yang bernomor 8. Pemain yang memasukkan bola bernomor 8 itulah yang menjadi pemenang.

Pergantian pemain yang memukul bola dilakukan ketika salah satu pemain gagal untuk memasukkan bola pada lubang yang ada di meja.

Penentuan pilihan nomor yang dimasukkan terjadi ketika awal permainan. Jika salah satu pemain telah memasukkan salah satu bola dengan nomor 1-7 atau 9-15, maka bola tersebut menjadi pilihannya. Pemain lain harus memasukkan bola yang belum dipilih oleh pemain pertama.

b. Permainan 9 Bola (9 Ball)

Permainan 9 Bola

twcwt.com

Untuk permainan billiar jenis ini, kedua pemain wajib memukul bola secara berurutan mulai dari nomor 1 sampai nomor 9. Sama halnya dengan permainan 8 bola, pergantian pemain dilakukan ketika pemain yang memukul tidak mampu memasukkan bola menuju lubang yang ada pada meja.

Pemain dianggap menang ketika pemain tersebut memasukkan bola dengan nomor 9. Bila bola ke-9 ini masuk akibat pantulan bola yang menjadi sasaran, maka masuknya bola ini dianggap sah dan pemain tersebut keluar sebagai pemenang.

Leave a Reply