7+ Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak [Jarang Orang Tahu]

Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak – Siapa sih yang tidak mau lancar berbahasa Inggris. Pasti banyak juga diantara kalian yang menginginkannya. Namun, biasanya terkendala karena beberapa faktor. Entah karena tidak punya waktu ataupun karena lingkungan yang memang tidak mendukung.

Sebenarnya, bahasa Inggris dapat dipelajari secara otodidak. Hal yang membuat itu sulit adalah niat Kamu yang tidak serius dalam mempelajarinya. Buktinya, banyak anak-anak Indonesia yang tidak belajar bahasa Inggris secara formal namun fasih dalam bahasa Inggris.

Salah satunya adalah Skinnyfabs yang dahulu sempat viral karena video Listening Section-nya. Ia mengaku awal mula menyukai bahasa Inggris dan belajar bahasa Inggris dipicu karena kesukaannya pada film Harry Potter. Bahkan, ia sampai belajar aksen British karena film tersebut.

Selain Skinnyfabs, sebenarnya masih banyak lagi yang belajar bahasa Inggris dengan cara otodidak atau mandiri. Di masa depan, bisa saja Kamu menjadi salah satunya.

Masih berminat untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak? Jika Kamu masih berminat, Saya berikan beberapa tips jitu untuk mempelajarinya.

Niat

Niat

Niat Merupakan Sebuah Permulaan, Jangan Sampai Salah (sumber: wallpaperup.com

Semua hal itu berawal dari niat yang benar. Cari tahu apa penyebabnya Kamu ingin berbahasa Inggris. Cari tahu apa tujuan Kamu untuk bisa berbahasa Inggris. Jika hanya untuk mendapatkan perhatian si doi, lebih baik tinggalkan saja. Hal ini karena besar kemungkinan Kamu berhenti di tengah pembelajaran ketika doi tidak berhasil Kamu capai.

Fokuskan niat pada hal yang memang benar-benar Kamu butuhkan. Misalnya karena Kamu ingin bekerja di luar negeri, agar ketika menonton film tidak perlu subtitle, ataupun memang karena kesukaan Kamu akan bahasa Inggris.

Kenapa niat ini menjadi hal yang utama? Karena belajar bahasa seperti ini butuh komitmen dari diri Kamu sendiri. Untuk fasih, Kamu tidak bisa hanya melakukannya selama beberapa hari saja. Diperlukan waktu yang tidak sedikit. Jika motivasi dan niat Kamu tidak kuat, bisa saja Kamu akan berhenti di tengah perjalanan.

Masih perlu bukti? Tidak perlu jauh-jauh, silahkan ingat-ingat oleh Kamu berapa lama sebenarnya Kamu mengenal bahasa Inggris. Mulai SD hingga SMA bahasa Inggris menjadi suatu pelajaran yang wajib dipelajari. Namun, nyatanya tetap saja kita tidak jago dalam bahasa Inggris.

Kenapa? Karena niat kita yang hanya menuntaskan kewajiban ketika kita bersekolah. Silahkan lihat teman sekolahmu yang sudah fasih berbahasa Inggris, kemungkinan pelajaran tersebut memang ia terapkan secara langsung. Hal ini karena niat mereka yang memang mau untuk bisa berbahasa Inggris.

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Pilih Media Pembelajaran yang Cocok (sumber: insidehighered.com)

Lanjut ke tahap kedua, yakni siapkan media pembelajaran kita.

Masing-masing orang memiliki kemampuan, cara, dan kebiasaan belajar yang berbeda. Beberapa cara belajar antara lain:

  • Mendengarkan (Audio);
  • Membaca atau Menonton (Visual);
  • Praktek (Kinestetik); atau
  • Kombinasi antara ketiganya.

Hal yang perlu Kamu lakukan pertama adalah menentukan dan kenali bagaimana cara belajar yang tepat untuk diri Kamu. Jika Kamu menyukai mendengarkan musik, mulailah dengan menghafal lirik dan arti dari masing-masing lagu berbahasa Inggris yang Kamu dengarkan.

Jika Kamu suka menonton film, mulailah dengan mencoba menggunakan subtitle berbahasa Inggris dalam menontonnya. Apapun bisa Kamu lakukan untuk belajar Bahasa Inggris.

Jika Kamu merasa sulit untuk mempelajari grammar dalam bahasa Inggris, Kamu dapat memfokuskan terlebih dahulu dalam Speaking. Untuk permulaan, Kamu jangan terpaku pada grammar. Kamu hanya membutuhkan keberanian untuk berbicara dalam Bahasa Inggris.

Masalah grammar, bisa Kamu kesampingkan ketika sudah menguasai Speaking.

Tujuan awal yang perlu Kamu capai dalam Speaking adalah orang lain paham apa yang Kamu bicarakan. Jangan terlalu memikirkan mengenai aturan baku dalam bahasa Inggris.

Jika Kamu sudah mulai agak mahir, maka sedikit demi sedikit tambahlah grammar pada pembelajaran Kamu. Hingga Kamu akhirnya berhasil dalam memahami semua hal yang perlu dipelajari dalam bahasa Inggris.

Action

Lakukan Sekarang Juga

Lakukan Sekarang Juga (sumber: studioandall.com)

Kunci dalam belajar bahasa apapun adalah dengan melakukannya. So, take action now!

Jangan terlalu banyak berpikir, tapi lakukanlah. Jika Kamu masih baru belajar sedikit, lakukanlah hal yang sedikit itu. Hal yang sulit itu bukanlah belajarnya, namun mempraktikkannya. Keluarkan keberanianmu sekarang juga!

Pepatah Inggris mengatakan:

There’s no better way to learn a language than to dive right in.

Artinya, Tak ada jalan yang lebih baik dalam belajar bahasa dibandingkan dengan menyelam langsung kedalamnya.

Praktikkanlah, latihlah, gunakanlah bahasa Inggris ini kapanpun dan dimanapun Kamu. Buktikan bahwa niat Kamu belajar bahasa Inggris itu serius.

Ada beberapa kegiatan yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan Kamu dalam berbicara bahasa Inggris.

Monolog

Berlatih Monolog dengan Diri Sendiri

Berlatih Monolog dengan Diri Sendiri (sumber: shutterstock.com)

Monolog atau berbicara sendiri bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris Kamu. Kamu dapat melakukannya secara otodidak di rumahmu sendiri. Caranya dengan berlatih didepan cermin yang ada di tempat tinggalmu.

Dengan berlatih monolog ini, Kamu dapat meningkatkan kepercayaan diri Kamu dalam berbicara bahasa Inggris. Kamu dapat berlatih mengucapkan beberapa kata atau kalimat bahasa Inggris, membuat ekspresi yang sesuai, ataupun mengontrol kata atau kalimat yang ingin Kamu ucapkan.

Komunitas

Komunitas Bahasa Inggris

Komunitas Bahasa Inggris (sumber: djerriwarrh.org.au)

Jika Kamu memerlukan teman sebagai partner belajar bahasa Inggris Kamu, Kamu dapat mencoba untuk bergabung komunitas berbahasa Inggris terdekat. Selain mendapatkan teman baru, hal itu juga dapat memperlancar dan membiasakan Kamu dalam berbicara bahasa Inggris.

Merasa berat untuk bergabung ke komunitas? Kamu juga dapat mencari dari teman terdekat Kamu. Kira-kira siapa yang memang mahir dalam berbahasa Inggris. Kamu bisa mengajaknya untuk berlatih.

Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

Menghafal Kosakata

Menghafal Kosakata (sumber: radprotocol.com)

Percuma dong jika Kamu sudah berani berbicara bahasa Inggris, namun Kamu tidak memiliki kata yang tepat untuk diucapkan, ya ga? Oleh karena itu, kosakata menjadi hal yang penting untuk Kamu miliki.

Dengan pembendaharaan kosakata yang banyak, tentu akan memudahkan kita dalam mengekspresikan sesuatu dalam bahasa Inggris.

Untuk menambah kosakata yang Kamu punya, Kamu bisa mendapatkannya dengan sering-sering membaca, menonton, ataupun mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Lebih bagus lagi, apabila Kamu mencatatnya dalam catatan yang Kamu punya.

Setiap kali Kamu mendengar kata yang tidak Kamu ketahui, catatlah dan cari tahu arti dan penggunaannya. Jika ini dilakukan terus menerus, maka kemahiran Kamu dalam bahasa Inggris sudah didepan mata Kamu.

Cintai Google Translate

Cintai Google Translate

Cintai Google Translate (sumber: pcworld.com)

Dengan perkembangan zaman, sebenarnya belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Kamu sudah tidak perlu membawa kamus ataupun catatan kemana-mana.

Kelanjutan poin sebelumnya, Kamu juga dapat menggunakan fitur penerjemah dari Google yakni Google Translate untuk mengenal kosakata ataupun kalimat yang ada dalam bahasa Inggris. Dengan aplikasi ini, Kamu akan mengetahui arti, pengucapan, dan pengaplikasian dari kata tersebut.

Jangan bosan-bosan untuk menggunakan Google Translate dalam belajar bahasa Inggris.

Travel ke Luar Negeri

Travel ke Luar Negeri

Travel ke Luar Negeri (sumber: moneycontrol.com)

Terakhir, satu kegiatan yang dapat membuat Kamu “terpaksa” untuk mampu berbahasa Inggris adalah dengan jalan-jalan ke luar negeri. Pilih negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka, seperti Amerika ataupun Inggris.

Bukan hanya pergi kesana, Kamu juga harus berinteraksi dengan mereka. Berbicaralah dengan mereka para ahli bahasa Inggris yang sudah mampu berbicara bahasa Inggris sejak mereka balita.

Jika Kamu memiliki uang berlebih, tak ada salahnya untuk mendaftarkan diri Kamu di kampus luar negeri. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, Kamu juga bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris untuk kebutuhan akademik yang tentunya memiliki persyaratan yang berbeda.

Namun, jika Kamu tidak memiliki uang berlebih, Kamu juga dapat mencari lokasi di Indonesia yang atmosfer-nya mirip dengan luar negeri. Kamu bisa pergi ke Pare, yang memang sudah dikenal akan Kampung Inggris-nya.

Jika Kamu merasa tidak memiliki banyak waktu, tidak perlu khawatir. Disana tersedia paket Kampung Inggris Pare dengan durasi waktu yang beragam. Kamu dapat memulai dengan paket seminggu, sebulan, atau 3 bulan bahkan hingga setahun. Hal itu terserah Kamu.

Berdo’a

Berdoa

Berdoa (sumber: lenteradoa.com)

Jika niat sudah benar, teori sudah benar, praktik sudah benar, namun masih belum mahir, barangkali saja karena kurangnya do’a yang Kamu lakukan. Berdo’alah untuk kemudahan, kelancaran, dan kefasihan Kamu dalam berbahasa Inggris.

Namun, hal ini juga mesti tetap dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh dari Kamu. Tetap belajar dan praktikkan terus menerus apa yang sudah Kamu pelajari.

Istiqomah dan Konsisten

Konsistensi dan Istiqomah

Konsistensi dan Istiqomah (sumber:blog.amelia.id)

Untuk mahir berbahasa Inggris, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Butuh kesabaran dan komitmen yang sungguh-sungguh. Seperti saya utarakan pada poin pertama, dibutuhkan niat yang serius untuk dapat belajar bahasa Inggris secara otodidak ini.

Jangan sampai, Kamu semangat hari ini namun loyo pada keesokan harinya.

Tetap semangat dan konsisten untuk selalu mempraktikkan beberapa poin yang sudah saya bahas sebelumnya. Jika Kamu selalu menggunakanna dan mempraktikannya, niscaya kemahiran itu sudah ada didepan Kamu.

Ibaratnya dengan Kamu mengetahui beberapa poin diatas, kaki kanan Kamu sudah ada di pintu kemahiran. Kaki kiri Kamu ditentukan oleh apa yang Kamu lakukan.

Semakin Kamu konsisten dan sering mempraktikkannya, maka alam bawah sadar Kamu akan semakin terbiasa dalam mengenal dan memahami bahasa Inggris. Nantinya, bahasa Inggris Kamu akan keluar secara alami.

Jika malas paksakan, jika semangat perjuangkan. Sering-sering mengingat motivasi dan tujuan Kamu dalam belajar bahasa Inggris ini. Keberhasilan tentunya memerlukan pengorbanan. Lakukanlah jika Kamu memang ingin melakukannya.

Itulah beberapa tips jitu jika Kamu mau belajar bahasa Inggris secara otodidak tanpa pelajaran formal. Silahkan terapkan di kehidupan Kamu, maka insya allah Kamu akan mencapai tingkat kemahiran yang baik. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Leave a Reply