Cara Bermain Bridge | Panduan, Aturan, dan Strategi (Lengkap)

Permainan kartu menjadi salah satu permainan yang digandrungi di seluruh dunia. Mulai dari permainan Poker, Black Jack, Bridge, dan yang lainnya. Pada artikel kali ini, Kita akan bahas mengenai permainan Bridge. Mulai dari apa itu Bridge, bagaimana peraturan pada Bridge, hingga bagaimana cara bermain Bridge yang baik dan benar.

Jika Kamu masih pemula, artikel ini cocok menjadi panduan tepat untuk permainan Bridge yang Kamu mainkan. Langsung saja Kita mulai satu per satu.

Permainan Bridge

Permainan Kartu Bridge

en.wikipedia.org

Pada dasarnya, permainan Bridge atau Contract Bridge ini merupakan gabungan dari permainan “cangkulan” dan “truf“. Hanya saja, ada beberapa peraturan yang sedikit berbeda.

Permainan Bridge tidak berbeda jauh dengan permainan Catur yang menuntut kalkulasi dan fokus dari otak Kita. Beberapa manfaat dari permainan Bridge ini adalah mampu melatih otak dalam menghitung, menghafal, dan juga berlogika.

Jika Kamu pecinta ilmu matematika, sangat disarankan untuk memainkan permainan Ini. Permainan ini cocok untuk segala usia, bahkan salah satu orang terkaya Indonesia Bambang Hartono pun memainkan permainan ini. Beliau pun sampai menyumbang medali perunggu pada Asian Game pada tahun 2018.

Alat Bermain Bridge

Alat Permainan Bridge

sumber: my.carousel.com

Untuk memainkan permainan Bridge ini, hal yang dibutuhkan adalah seperangkat kartu remi (tanpa Joker) yang berjumlah 52 kartu.

Nantinya, total kartu tersebut dibagikan kepada 4 orang yang terbagi menjadi 2 tim tiap permainannya.

Istilah – Istilah dalam Permainan Bridge

Sebelum kita ke inti pembahasan mengenai bagaimana cara bermain Bridge, sebaiknya pahami terlebih dahulu istilah-istilah yang ada dalam permainan ini. Dengan mengenal istilah-istilah ini, maka akan mudah pula Kamu dalam memahami panduan permainan Bridge ini.

Berikut beberapa istilah yang perlu Kamu ketahui.

Suit (Warna)

Jenis Kartu pada Permainan Bridge

sumber: webstockreview.net

Seperti Kita ketahui, kartu remi memiliki 4 jenis simbol yang diwakili oleh 2 warna. Sama seperti permainan poker, masing-masing jenis ini memiliki nilai yang berbeda. Berikut urutan nilai dari yang tertinggi ke yang terendah.

  1. Simbol ♠ dinamakan Spade atau Sekop (S).
  2. Simbol ♥ dinamakan Heart atau Hati (H).
  3. Simbol ♦ dinamakan Diamond atau Wajik (D).
  4. Simbol ♣ dinamakan Clover atau Keriting (C).

High Card Point (HCP)

Kekuatan Kartu Pada Permainan Bridge

sumber: blogger.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa masing-masing kartu memiliki nilai masing-masing. Untuk permainan Bridge ini, poin pada kartu hanya terdapat pada A, K, Q, dan J saja. Berikut selengkapnya.

  • A  (Ace) memiliki poin 4.
  • K (King) memiliki poin 3.
  • Q (Queen) memiliki poin 2.
  • J (Jack) memiliki poin 1.
  • 10-2 memiliki poin 0.

Contract

Jenis dan Tingkat Contract pada Permainan Bridge

sumber: blogger.com

Kontrak merupakan salah satu ciri khas dari permainan Bridge ini. Kontrak adalah jenis dan tingkatan permainan yang diputuskan oleh Declarer untuk dimainkan dalam satu deal. Untuk lebih jelasnya dalam penggunaan Contract, nanti akan kita bahas dalam cara bermain Bridge.

Bentuk Penulisan Contract

Penulisan Contract pada permainan Bridge menggunakan penulisan angka dan dilanjutkan dengan jenis Trump (Suit). Berikut contohnya:

  • 1♣ = maka dapat diartikan bahwa Contract berada di tingkat 1 dan berjenis Suit ♣;
  • 4♠ = maka dapat diartikan bahwa Contract berada di tingkat 4 dan berjenis Suit ♠;
  • Begitu seterusnya.

Jenis Contract Bridge

Berdasarkan jumlah poinnya, Bridge terbagi pada 2 kontrak, yaitu:

  1. Partscore Contract; dan
  2. Game Contract.

Apabila berdasarkan jenis Trump-nya, terdapat 2 Contract pula, yaitu:

  • Trump; dan
  • No Trump.

Trump dan No Trump

Trump dapat dibilang sebagai kartu “Jago”, dimana jenis kartu yang ada pada Contract ini menjadi kartu dengan nilai tertinggi pada permainan tersebut.

Apabila dalam Contract tidak disebutkan jenis kartunya alias No Trump, maka permainan akan seperti permainan “Cangkulan” pada umumnya, yakni nilai dengan kartu tertinggi menang.

Role (Peran)

Role dalam Permainan Bridge

sumber: blogger.com

Dalam permainan Bridge, peran dipengaruhi oleh kontrak yang disepakati. Masing-masing peran ini memiliki kewenangan yang berbeda-beda.

Berikut beberapa peran yang ada pada permainan Bridge.

Declarer

Declarer ini merupakan seseorang yang menentukan isi kontrak yang ada pada permainan Bridge. Selain itu, Declarer pun berhak untuk menentukan kartu yang akan digunakan oleh Dummy.

Tugas seorang Declarer adalah dengan memenuhi kontrak yang sudah ditentukan dengan trik yang pas atau lebih. Jika berhasil, maka Declarer dan Dummy mendapatkan poin.

Dummy

Dummy merupakan pemain yang menjadi partner dari Declarer. Sesuai namanya, Dummy ini tidak dapat memainkan kartunya sesuai dengan apa yang ia inginkan.

Dummy dapat dibilang seorang “boneka” dari Declarer. Karena apapun kartu yang dimainkan harus mengikuti perintah dari seorang Declarer.

Defender

Defender merupakan pasangan yang menjadi lawan dari Declarer dan Dummy. Tugas Defender adalah untuk menggagalkan kontrak yang sudah disepakati antar tim. Jangan sampai Declarer dan Dummy mencapai kontrak yang sudah ditulis.

Setiap kegagalan Declarer dalam permainan, maka Defender akan mendapatkan poin.

Trick

Jika semua pemain telah mengeluarkan atau memainkan sebuah kartu dalam satu putaran, maka hal tersebut disebut trick. Maksimal trick dalam satu pertandingan Bridge adalah 13.

Pemain yang memiliki nilai kartu tertinggi akan memenangkan putaran trick tersebut. Pemenang dan pasangannya akan meletakkan kartu secara vertikal atau tegak. Sedangkan yang kalah akan meletakkan kartu secara horizontal atau mendatar.

Hal ini untuk memudahkan dalam menghitung hasil permainan pada akhir pertandingan.

Cara Bermain Bridge

Cara Bermain Bridge

sumber: sevenoaksconservatives.org

Permainan Bridge dimainkan oleh 4 orang pemain yang terbagi dalam 2 tim. Pemain yang duduk pada posisi Utara dan Selatan adalah pasangan, begitu juga pemain yang berada pada posisi Barat dan Timur merupakan pasangan.

Jadi, tim Utara dan Selatan akan bertanding melawan tim Barat dan Timur.

Deal

  • Pemain yang duduk di samping kanan pembagi akan mengocok terlebih dahulu kartu yang berjumlah 52 buah.
  • Kemudian, Dealer (pembagi kartu) akan membagikan satu per satu kartu searah jarum jam pada masing-masing pemain hingga setiap pemain memiliki 13 kartu.
  • Dealer akan bergantian dalam setiap rondenya, dimulai dari samping kiri Dealer sebelumnya.

Bidding

Proses bidding ini dilakukan untuk menentukan siapa yang dapat menjadi seorang Declarer atau pemegang kontrak. Pemenang adalah pemain yang dapat memberikan penawaran tertinggi mengenai berapa trik yang dapat dimenangkan (minimal 7 trik dan maksimal 13 trik).

Apabila proses bidding selesai, maka tim yang kalah dalam bidding berposisi sebagai Defender atau pemain yang harus menggagalkan kontrak yang dibuat untuk selesai.

Cara Melakukan Bidding yang Baik

Dalam proses bidding tentu tidak dilakukan secara asal-asalan. Terdapat strategi yang membuat tim mendapatkan kontrak pada permainan tersebut. Berikut beberapa cara dalam melakukan bid dengan baik.

  1. Diharapkan pemain yang melakukan bid adalah orang yang memiliki poin 13 keatas.
  2. Setelah itu, lakukan penawaran dengan menggunakan salah satu Suit terbanyak yang Kamu miliki. (Misal Kamu memiliki suit Heart terbanyak, maka tawarkan mulai dari tingkat terendah yakni 1 Heart)
  3. Aturan ini mengikuti tingkatan Suit yang sudah Kita bahas sebelumnya. Jadi, jika penawar pertama menawarkan 1 Heart, maka penawar kedua dapat menawar hanya 1 Spade pada tingkat yang sama. Untuk mendapatkan penawaran tersebut, maka pemain lain harus meningkatkan tingkatannya, mulai dari 2 Club, 2 Diamond, 2 Heart, dan 2 Spade, begitu seterusnya mengikuti urutan kartu pada bahasan HCP.

Play

Setelah Contract disetujui, pemain yang berada di samping kiri Declarer akan memulai mengeluarkan kartu pertama dalam putaran pertandingan tersebut. Hal ini disebut dengan Opening Lead.

Adapun setelahnya, pemain pertama yang mengeluarkan kartu pertama setiap putaran Trick adalah pemain yang memenangkan Trick pada putaran sebelumnya. Pemain tersebut dinamakan Lead.

Setelah pemain lawan mengeluarkan kartu pertama, maka Dummy akan meletakkan kartunya secara terbuka diatas meja. Kartu yang ia miliki harus disusun sesuai urutan warna dan nilai masing-masing kartu (seperti dibahas pada bagian sebelumnya).

Jika Contract yang disepakati adalah No Trump, maka susunan kartu akan disusun seperti biasa mulai dari yang terbesar di kanan hingga yang terkecil di kiri (Spade – Heart – Diamond – Club).

Apabila Contract yang disepakati adalah Trump, maka kartu paling kanan adalah warna kartu yang sesuai dengan Trump pada Contract. Selanjutnya sesuai urutan kartu pada umumnya.

Lalu, Declarer akan menginstruksikan Dummy kartu apa yang perlu dikeluarkan pada putaran tersebut.

Semua pemain wajib untuk mengeluarkan kartu yang sesuai jenisnya dengan apa yang dikeluarkan oleh pihak Lead diawal putaran.

Jika sudah tidak ada, maka boleh mengeluarkan kartu apapun. Istilah ini dinamakan dengan Discard.

Permainan terus dilanjutkan hingga semua kartu di tangan habis, yakni dalam 13 putaran atau 13 Trick. Setelah itu, barulah mulai penghitungan apakah Declarer dapat menyelesaikan Contract-nya atau tidak.

Jika jumlah Trick ≥ Kesepakatan Contract, maka tim Declarer dan Dummy menang.

Namun, apabila jumlah Trick ≤ Kesepakatan Contract, maka tim Defender mendapatkan Poin.

Untuk lebih memahami bagaimana cara bermain Bridge yang benar, Kamu dapat menonton video dibawah ini atau membaca di worldbridge.org.

Baca Juga: Cara Bermain UNO yang Tepat dan Tips untuk Menang

Manfaat Bermain Bridge

Manfaat Bermain Bridge

sumber: independent.co.uk

Dengan banyaknya perhitungan, pastinya akan berasa memusingkan. Namun, hal ini juga bukan tanpa manfaat dan keseruan didalamnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan dalam bermain Bridge ini.

Kemampuan Menghitung

Ketika Kamu bermain Bridge tentu Kamu akan menemukan unsur-unsur matematika, misalnya saja menghitung jumlah hingga menghitung peluang.

Semakin tinggi keahlian Kamu, semakin perlu Kamu menghitung peluang yang dapat terjadi dalam permainan. Bagi pecinta angka dan matematika, tentu hal ini bisa jadi suatu hal yang menyenangkan.

Kemampuan Menghafal Cepat

Semakin sering Kamu bermain permainan ini, maka semakin terasah pula kemampuan menghafal Kamu. Hal ini karena pada tiap permainan, Kamu dituntut untuk menghafal hal-hal yang berbeda-beda.

Kemampuan Berlogika dan Pemecahan Masalah

Ketika Kamu masih pemula, hal pertama yang perlu Kamu perhatikan adalah kemampuan nalar atau logika Kamu. Semakin sering Kamu bermain, Kamu akan mulai menuju tahap selanjutnya yakni mengkombinasikan antara logika Kamu dan kemampuan berhitung dan menghafal.

Setelah memiliki beberapa kemampuan tersebut, maka akan mudah pula Kamu dalam memecahkan masalah. Hal ini baik dalam permainan Bridge ataupun di luar.

Kenapa? Karena Kamu sudah memiliki alat yang tepat untuk memecahkan masalah, yakni logika atau nalar Kamu yang sudah terlatih.

Kerja Sama dan Kestabilan Emosi

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa permainan ini dilakukan secara berpasangan. Tentunya hal ini bukan merupakan perkara yang mudah. Salah satu tantangan yang mengasyikkan dalam permainan ini adalah menyatukan pikiran dari 2 kepala untuk berhasil mencapai tujuan dengan baik.

Dengan Kamu menyadari pentingnya kerja sama dan pentingnya untuk tidak menyalahkan partner Kita, maka otomatis emosi Kita pun akan terkontrol dengan baik. Kamu akan mampu menghadapi semua masalah dengan kepala dingin.

Tentu hasilnya pasti akan lebih baik daripada mengutamakan emosi.

Itulah pembahasan kita saat ini mengenai panduan bagaimana cara bermain Bridge. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima Kasih dan Sampai Jumpa di Artikel selanjutnya.

Leave a Reply