Permainan Monopoli | Cara Bermain, Aturan, dan Tips untuk Menang Monopoli

Permainan Monopoli – Mari kita sedikit nostalgia dengan salah satu permainan board game paling fenomenal, yakni monopoli. Untuk anak-anak 90-an tentu sudah tak asing dengan permainan monopoli ini. Anak-anak jaman sekarang sih mengenal permainan ini dengan nama “Let’s Get Rich“. Ya, permainan “Let’s Get Rich” itu mengambil konsep dari permainan monopoli.

Permainan monopoli ini bisa menjadi salah satu permainan alternatif yang bisa Kamu mainkan dengan teman untuk mengurangi penggunaan gawai yang berlebih antara Kalian. Tak hanya itu, permainan ini juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan stress yang Kamu dapatkan, entah dari tugas kuliah, kerjaan, ataupun hal yang lain.

Lantas, bagaimana cara bermain permainan monopoli ini? Yuk langsung saja Kita bahas dibawah ini.

Permainan Monopoli Indonesia

Gambar Permainan Monopoli

sumber: daily.jstore.org

Seperti Kita tahu, bahwa dalam permainan ini Kita menjadi seorang pebisnis properti. Kita diharuskan untuk membeli beberapa tempat-tempat populer yang ada di dunia. Nantinya, Kita akan diberi uang awal sebesar 200.000 dolar yang menjadi modal Kita untuk membeli properti yang ada.

Lalu, darimana Kita dapat untungnya? Untung yang Kita dapatkan berasal dari pemain lain yang menginjak properti yang Kita miliki. Jadi, berhati-hatilah dalam melangkah yah.

Pada permainan monopoli saat ini, sudah ada versi Indonesia dalam permainannya. Mulai dari nama-nama Kota Besar yang ada di Indonesia, menggunakan rupiah dalam permainan, dan yang lainnya.

Perlengkapan Bermain Monopoli

Perlengkapan Bermain Monopoli

sumber: idayusnilawati.blogspot.com

Untuk memainkan monopoli, ada beberapa perlengkapan yang Kamu harus miliki. Berikut diantaranya:

  • Papan permainan, yang dilengkapi dengan nama-nama Kota, Stasiun, dan Keterangan lain yang mendukung dalam bermain monopoli;
  • Dadu yang berjumlah 2;
  • 32 rumah dengan warna hijau dan 12 hotel dengan warna merah;
  • 1 dek kartu Dana Umum dan kartu Kesempatan;
  • Kartu hak milik dari masing-masing tanah dan stasiun; dan
  • Uang sebagai alat pembelian dalam permainan.

Untuk set perlengkapan ini, Kamu tidak perlu khawatir. Hal ini karena saat Kamu membeli mainan ini, Kamu akan diberikan set diatas dengan lengkap.

Cara Bermain Monopoli

Gambar Uang Monopoli

sumber: pixabay.com

Selanjutnya, mari Kita bahas mengenai bagaimana cara bermain monopoli yang benar.

Persiapan

Persiapan bermain monopoli

sumber: pixabay.com

Ada beberapa persiapan yang perlu Kamu lakukan sebelum permainan dapat dimulai. Yakni:

  1. Kocok terlebih dahulu dek kartu Dana Umum dan kartu Kesempatan. Lalu tempatkan secara terbalik di tempat yang disediakan
  2. Para pemain dibagikan uang sebesar 200.000 dolar pada awal permainan.
  3. Segala kartu tanah bangunan, rumah, hotel, dan uang yang tersisa diserahkan kepada pihak bank.

Pembagian uang pada masing-masing pemain dibagi menjadi:

  • 1 lembar uang $100.000
  • 1 lembar uang $50.000
  • 1 lembar uang $20.000
  • 1 lembar uang $10.000
  • 3 lembar uang $5.000
  • 3 lembar uang $1.000
  • 2 lembar uang $500
  • 3 lembar uang $200
  • 4 lembar uang $100

Memulai Permainan

Memulai Permainan

sumber: pixabay.com

Untuk menentukan permainan, Kamu dapat memulai dengan melemparkan dadu. Siapa yang memiliki akumulasi angka terbesar, maka ia menjadi pemain pertama yang bergerak.

Setelah pemain mulai melemparkan dadu, maka gerakkan pion sesuai dengan hasil dadu yang dilemparkan. Ketika pemain tersebut berada di area yang kosong, maka pemain tersebut dapat membeli tanah tersebut. Namun, jika dirasa itu tidak diperlukan, maka pemain dapat melewatkan tanah tersebut untuk dibeli.

Tetapi, jika pemain tersebut menginjak tanah yang sudah dibeli oleh pemain lain, maka ia harus membayar uang sesuai dengan harga dari properti tersebut. Masing-masing kota dan daerah memiliki variasi harga yang berbeda.

Peraturan Main Monopoli

peraturan bermain monopoli

sumber: pixabay.com

Agar permainan dilakukan secara adil, tentu peraturan perlu ada. Berikut beberapa aturan yang perlu Kamu ikuti ketika bermain monopoli.

Mendapatkan Angka yang Sama

Angka Dadu Sama

sumber: wikihow.com

Pemain dapat terus melakukan giliran jika pemain tersebut mendapatkan angka sama dari kedua dadu yang ia lempar. Namun, jika pemain tersebut mendapatkan angka yang sama sebanyak 3 kali, maka pion yang ia mainkan dipindahkan ke penjara.

Pemain Melewati Garis START

Garis Start Monopoli

sumber: mbhappen.com

Ketika pemain melewati garis START, maka pemain akan mendapatkan uang sebesar 20.000 dolar. Namun, jika pemain kebetulan menginjak garis START, maka pemain tersebut takkan diberi uang.

Pemain Membeli Tanah dan Membayar Sewa

Membeli Tanah

sumber: idayusnilawati.blogspot.com

Ketika pemain menginjak daerah yang masih belum dimiliki oleh pemain lain, maka pemain tersebut berhak untuk membelinya atau mengabaikannya.

Kemudian, pemain wajib membayar sewa pada pemain lain, ketika pemain tersebut menginjakkan kakinya ke daerah yang telah dibeli oleh pemain lain.

Harga Sewa 2 Kali Lipat

Harga Sewa pada Monopoli

sumber: idayusnilawati.blogspot.com

Harga sewa tanah menjadi 2 kali lipat ketika pemain tersebut telah membeli satu komplek tanah bangunan. Satu komplek tanah tersebut biasanya diwakili dengan warna yang sama, dan letaknya yang bersebelahan.

Membeli Rumah dan Hotel

Membeli Rumah dan Hotel

sumber: pixabay.com

Pemain dapat membeli rumah ketika pemain tersebut telah memiliki satu komplek bangunan. Maksimal rumah yang berada pada tanah bangunan adalah 4 buah.

Adapun untuk membeli hotel, pemain harus memiliki 4 rumah dalam tanah bangunan tersebut. Ketika ia membeli hotel, maka rumah yang ia miliki dikembalikan ke pihak Bank. Untuk satu tanah bangunan, hotel yang diijinkan untuk dibangun hanya 1 buah.

Berhenti di Kartu Kesempatan dan Dana Umum

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ketika pion pemain menginjakkan kakinya pada area kartu kesempatan dan dana umum, maka pemain wajib mengikuti perintah yang ada pada kartu tersebut. Jika sudah dilakukan, maka kartu disisihkan dan dikocok kembali ketika sudah habis.

Pengecualian untuk kartu bebas penjara yang ada pada kedua kartu tersebut, kartu ini dapat disimpan oleh pemain yang mendapatkannya. Pemain dapat menggunakan kartu tersebut atau menjualnya pada pemain yang membutuhkan.

Adapun untuk harga kartu bebas penjara, biasanya tertera pada keterangan kartu tersebut.

Pemain Masuk dan Keluar Penjara

Pemain Masuk Penjara

sumber: idayusnilawati.blogspot.com

Pemain dinyatakan masuk penjara ketika:

  • Melemparkan dadu dengan angka yang sama sebanyak 3 kali.
  • Pion yang dimainkan berhenti di area masuk penjara.
  • Mendapatkan perintah dari kartu kesempatan ataupun dana umum.

Adapun pemain dapat dinyatakan bebas penjara apabila:

  • Membeli dan menggunakan kartu bebas penjara.
  • Membayar denda sebesar 50 dolar kepada bank sebelum gilirannya tiba untuk dapat melanjutkan perjalanan.
  • Pemain tersebut mendapatkan angka dadu yang sama ketika dilempar.
  • Pemain diberikan kesempatan 3 kali untuk mendapatkan angka yang sama per gilirannya.

Kekurangan Bangunan

Bangunan Monopoli

sumber: idayusnilawati.blogspot.com

Jika pihak bank sudah tidak memiliki bangunan (rumah dan hotel), maka pemain lain yang hendak membeli bangunan tersebut harus menunggu pemain lain yang memiliki bangunan tersebut untuk dijual kembali ke pihak bank.

Berhenti di Area Bebas Parkir

Area Bebas Parkir

sumber: thrillist.com

Ada dua aturan yang dapat berlaku ketika pemain berhenti di area bebas parkir ini, yaitu:

  • Pemain tidak mendapatkan apa-apa, hanya berhenti ditempat tersebut.
  • Pemain pada giliran berikutnya bebas untuk pergi ke area manapun yang ia pilih.

Biasanya, peraturan yang berlaku adalah peraturan pada poin kedua.

Menjual Harta Kekayaan dan Hipotik (Gadaikan Bangunan)

Menjual Tanah dan Bangunan

sumber: t13.cl

Tanah bangunan yang belum dibangun, stasiun, dan perusahaan listrik atau air dapat diperjualbelikan dengan pemain lain. Mengenai harga, itu tergantung dari kesepakatan antar kedua pemain.

Adapun jika masih terdapat bangunan dalam tanah tersebut, maka pemain harus menjual rumah ataupun hotel kepada pihak bank. Adapun harga jual, pihak bank hanya membeli rumah setengah dari harga aslinya. Jika hotel yang dijual, maka pihak bank membeli setengah harga rumah dan hotel.

Tanah bangunan yang Kamu miliki dapat digadaikan kepada bank, dengan harga yang sudah tertera pada masing-masing kartu tanah bangunan. Untuk membeli tanah yang sudah digadaikan, maka pemain harus membayar harga pokok tanah + bunga 10%.

Hutang dan Bangkrut (Pailit)

Kalah dan Bangkrut pada Monopoli

mprnews.org

Jika pemain perlu membayar sewa kepada pemain lain namun tidak memiliki uang yang cukup, maka pemain tersebut dianggap berhutang. Pemain tersebut diharuskan untuk menjual ataupun menggadaikan bangunan yang ia miliki pada pihak bank untuk menutupi hutang yang ia dapatkan.

Pemain dianggap bangkrut atau pailit ketika pemain tersebut tidak memiliki uang dan bangunan yang mencukupi untuk membayar hutang yang ia dapatkan. Jika masih memiliki bangunan, pemain tersebut harus menyerahkannya kepada pihak bank, dan uang hasil penjualan diberikan kepada pemain yang dihutangkan.

Pemenang (Monopolist)

Pemain Menang Monopoli

sumber: wikihow.com

Pemain dianggap memenangkan permainan monopoli ketika pemain tersebut memiliki properti dan uang yang banyak. Dalam permainan, biasanya pemenang adalah pemain yang bertahan hingga akhir. Sedangkan sisanya berguguran akibat bangkrut.

Untuk mengetahui lebih jelasnya peraturan yang berlaku, biasanya aturan tercantum pada bagian belakang papan permainan monopoli. Untuk pembagian uang pada awal permainan, biasanya terdapat perbedaan pada masing-masing papan permainan monopoli. Hal ini bisa karena nilai mata uang yang digunakan berbeda (misalnya menggunakan rupiah sebagai mata uang).

Setelah membaca semua hal diatas, itu tandanya Kamu siap untuk bermain monopoli dengan benar. Jika Kamu masih belum paham akan aturannya, silahkan sering-sering cek bagian belakang papan permainan monopoli yang Kamu beli. Peraturan biasanya disematkan disana.

Untuk orang tua, permainan ini juga sebenarnya cocok untuk dimainkan oleh anak. Hal ini untuk menghindari mereka terlalu banyak berkutat dengan gawai yang ia sering mainkan. Namun, perlu diingat pula bahwa permainan ini butuh bimbingan dari orang-orang dewasa jika dimainkan oleh anak-anak.

Sekian yang bisa Kami bahas mengenai permainan monopoli ini. Terima kasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat. Bagikan bacaan ini kepada rekan-rekan Kamu apabila dirasa bermanfaat untuk Mereka.

Jangan Lupa BACA Hari Ini…

Leave a Reply