Cara Bermain Halma | Peraturan , Strategi, dan Tips Lengkap untuk Pemula

Cara Bermain Halma – Permainan papan alias board game memang tak pernah lekang oleh zaman. Salah satunya permainan yang satu ini, yakni Halma. Kata Halma ini ternyata berasal dari bahasa Yunani yang berarti “melompat”. Namun, julukan dari permainan Halma ini adalah Checker China.

Game Halma ini sebenarnya cukup sederhana dalam untuk mampu memainkannya. Hal ini tentu didorong dengan pengetahuan akan aturan-aturan yang berlaku pada permainan Halma ini. Berikut beberapa hal yang perlu Kamu ketahui tentang Halma.

Peralatan yang Dibutuhkan dalam Permainan Halma

Papan Permainan Halma

sumber: wolrdatlas.com

Dalam permainan Halma, peralatan yang terpenting dalam memainkannya adalah papan dengan gambar bintang yang memiliki 6 sudut. Pada masing-masing sudut tersebut, terdapat 10 lubang yang nantinya digunakan sebagai penempatan kelereng atau pion yang nanti Kita mainkan.

Baca Juga : Cara Bermain Kartu UNO

Cara Bermain Game Halma

Cara Bermain Game Halma

sumber: chesshouse.com

Untuk dapat memainkan Halma ini, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui bagaimana cara bermain Halma yang benar. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah dengan menentukan sudut dan warna apa yang Kamu ambil.
  2. Pemain memulai bermain dengan melangkahkan pion yang ia miliki ke tempat terdekat yang kosong. Begitu seterusnya.
  3. Pion hanya dapat melangkah sebanyak 1 kali menuju daerah kosong terdekat. Pion ini dapat diarahkan maju, mundur, atau bergerak ke samping.
  4. Pion dapat melompati pion lain, ketika pion tersebut menghalangi langkahnya dan daerah yang akan dilompati kosong.
  5. Pemain dinyatakan menang ketika pemain tersebut dapat memindahkan semua pionnya menuju sudut yang berlawanan dengan “rumah”-nya.

Apabila salah satu pion sudah memasuki area tujuan, maka Kamu hanya tinggal menggerakkan pion yang tersisa menuju tempat tujuan.

Peraturan Bermain Halma

Peraturan dalam Game Halma

sumber: etsy.com

Ada beberapa peraturan yang perlu dipahami dalam memainkan game Halma ini. Berikut diantaranya:

  • Halma dapat dimainkan oleh 2 orang hingga 6 orang. Namun, jumlah yang disarankan dalam permainan maksimal adalah 3 orang atau 3 tim.
  • Permainan Halma dilakukan secara bergiliran searah jarum jam.
  • Pada permainan halma, pion yang dilompati tidak tereliminasi. Pion tersebut hanya menjadi batu loncatan sehingga pion Kita lebih cepat dalam melangkah.
  • Pemain dinyatakan menang ketika semua pionnya sudah masuk menuju sudut yang berlawanan dengan “rumah” awal pion.
  • Pion yang sudah memasuki tujuan tak bisa keluar kembali dari sudut tersebut selama sisa permainan berlangsung.

Baca Juga : Cara Bermain UNO Stacko

Teknik dan Strategi Bermain Halma

Teknik dan Strategi Bermain Halma

sumber: threetreesworkshop.com

Setelah mengetahui bagaimana cara bermain dan peraturan pada Halma, mari Kita lanjutkan pada strategi dan teknik dalam bermain Halma.

Strategi ini tidak dapat menjamin kemenangan mutlak Kamu, namun strategi ini dapat meningkatkan persentase kemenangan yang akan Kamu dapatkan. Berikut beberapa strategi yang dapat Kamu gunakan ketika memainkan game Halma ini.

  • Untuk menghindari pemain lain untuk menang, Kamu dapat menutup rute pion pemain lain dengan menghalangi atau mengisi area yang kosong tempat dimana nantinya ia melangkah.
  • Posisikan pion-pion yang Kamu miliki untuk berada di tengah area permainan. Hal ini untuk memudahkan Kita dalam menyerang dan menahan musuh.
  • Selain menutup jalan lawan, Kamu juga dapat membentuk jembatan yang dapat Kamu gunakan untuk mempermudah pion Kamu menuju tempat tujuan. Caranya dengan membentuk garis dengan pion dan sisakan satu area kosong diantara pion-pion tersebut. Nantinya, Kamu hanya perlu melangkah dengan melompati pion yang sudah menjadi jembatan untuk Kamu.

Kunci dalam bermain Halma adalah dengan memindahkan semua Pion yang Kamu miliki kearah tujuan. Jadi, jangan lupa untuk mengatur dan memprioritaskan pion mana yang perlu melangkah pada tiap gilirannya.

Tips Bermain Halma

Tips ketika Bermain Halma

sumber: threetreesworkshop.com

Ada beberapa tips untuk Kamu yang akan memainkan Halma ini. Berikut beberapa tips tersebut.

Blokir Lawan

Sebisa mungkin, langkah yang Kamu ambil juga dapat mencegah lawan untuk menuju tujuannya. Hal ini untuk menunda pemain lain untuk menang, sehingga Kamu dapat memenangkan permainan.

Langkah Pertama Menentukan

Langkah pertama dalam permainan Halma ternyata menentukan jalannya langkah pion Kamu selanjutnya. Jika Kamu mencari di Youtube, maka langkah yang tepat adalah dengan mengarahkan pion menuju baris akhir dekat heksagon. Hal ini memungkinkan pergerakan pion Kamu secara fleksibel. Kamu dapat memasukkanya menuju tujuan Kamu, atau memindahkan ke belakang memblokir jalannya lawan.

Jangan Lupakan Pion yang Tertinggal

Ketika Kamu memainkan Halma, jangan terlalu fokus dengan pion yang sudah Kamu mainkan terlebih dahulu. Pastikan bahwa semua pion Kamu tidak terlalu tertinggal dalam pergerakannya. Sebaiknya gerakan semua pion secara berkelanjutan, meskipun masih belum ada yang memasuki area tujuan.

Dengan menggerakkan semua pion dengan bersamaan, Kamu secara tidak langsung memblokir pion-pion lawan untuk melangkah.

Teruslah Berlatih

Untuk memahami secara mendalam cara bermain Halma ini, tentunya latihan perlu Kamu lakukan. Sering-seringlah bermain bersama teman ataupun bermain pada aplikasi yang ada pada gawai dan komputer Kamu. Dengan sering berlatih, maka Kamu dapat berpikir secara efektif dan efisien dalam memainkan Halma ini, khususnya dalam membaca pergerakan lawan.


Sekian yang bisa Kami bahas mengenai cara bermain Halma ini. Terima kasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat. Bagikan bacaan ini kepada rekan-rekan Kamu apabila dirasa bermanfaat untuk Mereka.

Jangan Lupa BACA Hari Ini…

Leave a Reply